Sri Sumarni – Bambang Pujiyanto Raih 597.463 Suara

Grobogan, mediajateng.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Grobogan menggelar pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kabupaten dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Grobogan tahun 2020. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Firdausia Ballroom Grandmaster Hotel Purwodadi, Rabu (16/12/2020).

Tidak seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kabupaten pemilihan bupati dan wakil bupati Grobogan tahun 2020 tetap menerapkan protokol kesehatan.

Hadir empat Komisioner KPU Grobogan Agung Sutopo, Ngatiman, M. Machrus dan Suwiknyo. Selain itu, saksi pasangan calon Yoyok Prihantoro serta Ketua Bawaslu Grobogan, Fitria Nita Witanti beserta anggota Bawaslu, Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan, perwakilan PPK dari masing-masing kecamatan, serta koordinator JPPR, Triagus Utomo.

Tidak ada euforia dari tim pendukung pasangan calon tunggal Sri Sumarni – Bambang Pujiyanto. Meski demikian, kegiatan tersebut tetap berjalan lancar meski ada pembatasan jumlah peserta yang masuk ke dalam ruangan.

Rapat pleno yang dilaksanakan pukul 09.00 WIB tersebut berakhir pada pukul 17.00 WIB. Selama pelaksanaan rapat pleno, ketua PPK dari 19 kecamatan di Kabupaten Grobogan memaparkan hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan yang kemudian disinkronkan dengan hasil rekapitulasi KPU Grobogan.

Dalam pleno tersebut menghasilkan dua bagian keputusan, yakni data penggunaan suara dan rincian perolehan suara pasangan calon. Pada data penggunaan suara, jumlah surat suara yang diterima yakni 1.143.981. Jumlah tersebut termasuk surat suara cadangan.

“Dari total tersebut, jumlah surat suara yang dikembalikan pemilih karena rusak atau keliru dicoblos yakni 442 buah. Sementara jumlah surat suara yang tidak digunakan atau tidak terpakai, termasuk sisa surat suara cadangan yakni 434.925 surat suara. Jumlah surat suara yang dipergunakan 708.614 surat suara,” jelas Ketua KPU Grobogan, Agung Sutopo.

Agung melanjutkan, untuk rincian data perolehan suara pasangan calon terinci 93.776 pemilih yang mencoblos kotak kosong. Sementara, pasangan calon Sri-Bambang memperoleh 597.463 suara.

“Jumlah suara sah total terinci ada 691.236 suara, yang tidak sah 17.375 suara. Total jumlah suara yang sah dan tidak sah yaitu 708.614 suara,” tambah Agung.

Hasil pleno tersebut ditandatangani empat komisioner yakni Agung Sutopo, Ngatiman, M. Machrus dan Suwiknyo serta saksi pasangan calon, Yoyok Prihantoro. Salinan BA pleno tersebut diserahkan Agung Sutopo kepada koordinator jaringan pendidikan pemilih untuk rakyat (JPPR) Grobogan, Triagus Utomo disaksikan tiga komisioner KPU Grobogan, anggota Bawaslu Grobogan, Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan dan saksi pasangan calon.

“Alhamdulilah, pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kabupaten dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Grobogan tahun 2020 berjalan lancar. Tahapan selanjutnya, KPU akan mengirimkan hasil pleno rekapitulasi hari ini ke Mahkahmah Konstitusi,” katanya.

“Selanjutnya, KPU akan menunggu ada gugatan atau tidak. Jika tidak ada gugatan, MK akan menerbitkan Buku Registrasi Perkara Konstitusi. Nanti kalau turun, ternyata MK mencatat tidak adanya gugatan, akan menjadi rujukan bahwa hasil rapat pleno ini menentukan pasangan calon tersebut,” jelas Agung.mj/50