Sekda Indarto Buka Sosialisasi Sistem Pengelolaan BLUD

BANJARNEGARA, mediajateng.net – Sekretaris Daerah Banjarnegara, Indarto membuka Sosialisasi Sistem Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (e-BLUD) di Golden Room Surya Yudha, Jumat (19/3).

Dalam kesempatan ini Sekda Indarto berpesan agar para peserta bisa mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya untik menimba ilmu dari para narasumber yang kompeten dari Kemendagri dan Universitas Indonesia.

“Dengan kegiatan ini diharapkan seluruh peserta akan memiliki persepsi, pengetahuan dan pemahaman yang sama dalam pengelolaan keuangan serta serta sesuai dengan regulasi dan tata kelola pemerintah yang bersih transparan dan akuntabel,” terangnya

Dikatakan, BLUD adalah satuan kerja perangkat daerah atau unit kerja perangkat daerah di lingkungan pemerintah daerah yang dibentuk untuk memberikan layanan ke masyarakat berupa penyediaan barang atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan serta didasari prinsip efisiensi dan produktivitas.

Disamping itu beberapa indikator dalam mengukur pola pengelolaan BLUD, diantaranya ketepatan waktu penyelesian peyusunan, ketepatan waktu penyampaian laporan, tigkat penyerapan realisasi anggaran dan kualitas opini laporan.

Sekda mengatakan, untuk meraih semua idikator tersebut diperlukan upaya serius dan kerja sama dari semua pihak terkait. “Sehingga nantinya akan berdampak positif terhadap kualitas indikator pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Banjarngera,” pungkasnya. (MJ/50)