Rob, Pantai Teluk Penyu Longsor Tanggul Jebol

CILACAP, Mediajateng.net – Ratusan warga berbondong-bondong datangi laut selatan Kabupaten Cilacap untuk melihat gelombang air pasang surut atau rob laut pantai teluk penyu cilacap.
Dari pantauan Mediajateng.net di lapangan, gelombang pasang tersebut terjadi di sepanjang bibir pantai teluk penyu. Rob kian parah dalam empat hari terakhir. “Gelombang pasang ini semakin parah dalam empat hari terakhir, dan berdasarkan laporan dari BMKG bahwa hari ini, Kamis (9/6) pukul 10.30 WIB adalah puncaknya ketinggian gelombang pasang ini,” kata Martono, Kepala Bidang Kedaulatan dan Logistik BPBD Cilacap saat di temui Mediajateng.net di lokasi kejadian, Kamis, (9/6/2016).
Martono menambahkan, gelombang pasang yang terjadi dalam empat hari ini menyebabkan longsor pada bibir pantai dan jebolnya tanggul di area pantai teluk penyu. Bencana gelombang pasang memang sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya dan warga pun terbiasa dengan kejadian itu, namun untuk kali ini gelombang pasang lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa tahun lalu.
Sebelumnya, Rabu (8/6) malam warga sudah mulai diungsikan ke tempat yang lebih aman. “BPBD cilacap sudah melakukan evakuasi warga sekitar sebanyak 268 orang untuk di pindahkan ke tempat yg lebih aman,” katanya.
Namun demikian, pihaknya beserta aparat keamanan tetap bersiaga dan antisipasi jika durasi gelombang pasang bertambah maka tidak menutup kemungkinan jumlah warga yg di ungsikan akan terus bertambah. (MJ-053)

Comments are closed.