Rob, Jalur Mudik Semarang-Demak Aman

SEMARANG, Mediajateng.net – Rob yang melanda Kota Semarang dipatikan tidak bakal mengganggu arus mudik Lebaran 2016 ini, khususnya di jalan Semarang-Demak.
Hal tersebut dipastikan usai kunjungan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono ke Semarang, Minggu (19/6). Menteri PU dan PR melakukan tinjauan langsung di beberapa titik rob di Kota Semarang.
Dalam tinjauan itu, Basuki turut serta didampingi Kepala PSDA Jateng, Prasetyo Budi Yuwono, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pamali Juwana, Nimade Sumiarsih
Kepala Bina Marga Jateng, Bambang NK dan camat Genuk.
Basuki meninjau seluruh ruas jalan yang terimbas rob terparah di jalur utama Semarang-Demak tersebut. Seperti wilayah Km 2.500 di SPBU Sawah Besar, Km 2.800 di perlintasan sebidang kereta api, jembatan layang Kaligawe, Terminal Terboyo hingga wilayah depan Kapolsek Genuk. Basuki juga meninjau langsung Kolam Retensi Semarang dan rumah pompa di Kali Semarang. “Ini perintah pak Presiden agar saya menangani rob Kaligawe. Pertama untuk yang urgen serta emergency dalam rangka mudik, itu yang akan kita tangani bersama, ” kata Basuki.
Ia menganggap persoalan penanganan rob di Kota Semarang sebenarnya tidak terlalu sulit karena bencana ini sudah terjadi sejak dahulu kala. Dan pemerintah punya pengalaman menangani masalah itu seperti rob yang melanda Stasiun Tawang dengan sistem Kali Semarang. “Itu tak terlalu rumit karena kita sudah nangani rob Semarang dari dulu. Kita sudah bikin klaster-klaster, ada banger dan ada kali Semarang, ” katanya.
Penanganan rob secara emergency dan jangka pendek itu, lanjut Basuki, dengan membuat tanggul sementara setinggi 1 meter dengan karung plastik. Hal itu dimaksudkan untuk membuat laju rob tidak lagi tumpah ke badan jalan. Sedangkan untuk mengeringkan air yang ada di jalanan akan dilakukan penyedotan dengan memperbanyak mesin pompa. “Saya datangkan pompa-pompa, minimal ada 10 pompa akan beroperasi. Sekarang sudah ada enam, lima saya kirim dari Jakarta lewat truk. Malam ini berangkat. Insya Allah besok sudah mulai dibikin tanggul-tanggul pasirnya,” jelas dia.
Penanganan jangka pendek tersebut diyakini akan selesai dalam waktu seminggu ke depan. Sehingga rob tidak mengganggu arus mudik Lebaran 2016. “Untuk perbaikan jangka panjang, tanggul akan dibikin permanen,” ungkap dia. (MJ-047)

Comments are closed.