Ratusan Knalpot “brong” Dimusnahkan Polres Kudus

Kudus – mediajateng.net

Knalpot brong/racing oleh sebagian masyarakat dianggap sering menimbulkan keresahan karena suaranya yang bising. Sebagai bentuk keseriusan Polres Kudus dalam menciptakan kenyamanan berlalu lintas serta merespon keresahan masyarakat terkait kebisingan yang ditimbulkan oleh knalpot grong, jajaran Sat Lantas Polres Kudus merespon hal tersebut melalui Ops Patuh 2017 dan cipta kondisi berhasil mengamankan sedikitnya 500 batang knalpot racing/brong.

Atas keberhasilannya, p Jumat (26/5) di halaman depan Mapolres diadakan pemusnahan knalpot yang tidak sesuai standar. Kegiatan yang dihadiri Kepala dinas Dishubkominfo, Kepala dinas Binamarga, Kasatpol pp, Club otomotif dan pejabat utama Polres tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning

Dalam sambutannya, Kapolres mengajak seluruh lapisan masyarakat harus berperan aktif dan bersinergi termasuk para biker club otomotif yang ada di kudus untuk senantiasa menjadi panutan sekaligus pelopor keselamatan berlalulintas sehingga tercipta Kamseltibcar lantas yang kondusif di wilayah kudus.

Perlu diketahui, dalam operasi patuh 2017 dan cipta kondisi, Polres kudus telah melakukan penindakan pelanggaran sebanyak 4.005 pelanggaran diantaranya 2.765 Tilang dan 1.240 Teguran. Pelanggaran mulai dari pengendara tidak memiliki Surat Izin mengemudi (SIM) dan perlengakapan kendaraan serta pengendara yang tidak mengenakan helm.

”Pemusnahan knalpot dengan cara digilas menggunakan alat steam roll. Sehingga, tidak bisa digunakan atau didaur ulang lagi knalpotnya. Kami berharap tidak ada lagi sepeda motor di wilayah Kudus menggunakan knalpot grong/racing yang mengeluarkan bunyi yang tidak enak didengar. Selain itu, tentu saja hal ini dapat mengganggu kenyamanan dan ketertiban masyarakat lain,” ucap Agusman

Satlantas Polres Kudus akan terus melaksanakan operasi rutin untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas di wilayahnya dan menghimbau kepada semua masyarakat pengguna kendaraan agar melengkapi dokumen kendaraan dan menggunakan peralatan yang standar saat beraktivitas menggunakaan roda dua maupun roda empat.

“Tertib berlalulintas untuk keselamatan pengendara dan pengguna jalan lainnya. Sebelum keluar rumah menggunakan kendaraan, periksa dulu dokumen kendaraan yang lengkap. Kami tidak akan memberikan toleransi bagi setiap pengendara yang melanggar aturan berlalulintas,” tegas AKP Eko (MJ-303)