Puluhan Hektar Sawah Petani Cilacap Terendam

CILACAP, Mediajateng.net – Puluhan hektar area persawahan di Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap terendam banjir, Kamis (9/6). Akibatnya petani terancam gagal panen.
Hujan yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Cilacap dari siang membuat puluhan area persawahan tergenang. Suparman (52), petani setempat mengaku area sawahnya selalu menjadi langganan banjir saat musim penghujan. “Padahal sungai di dekat sawah ini sudah dikeduk, tapi pembuangan air yang menggenang di sawah tetap tidak bisa diatasi,” keluh Suparman kepada Mediajateng.net sesaat sebelum senja.
Suparman pun mengeluhkan kerugian yang selalu menimpa dirinya setiap kali musim penghujan. “Biaya penanaman dan lainnya pasti berlipat kalau musim penghujan. Karena mau atau pun tidak harus menana ulang,” ungkap dia.
Sidin (41), petani yang juga area sawahnya tergenang air mengeluhkan hal serupa. “Kami sebagai rakyat kecil ya bingung. Setiap tahun pasti seperti ini, padahal sungai sudah dikeruk,” kata dia.
Selain hanya bisa pasrah, Suparman dan Sidin berharap Pemerintah turun tangan. “Kami yakin Pemerintah bisa mengatasi, tapi belum tahu kapan akan bertindak. Padahal ini sudah lama. Kalau Pemerintah bisa turun, kami bisa merugi dan tanam pun aman,” harap dia. (MJ-012)

Comments are closed.