Polisi Dianggap Salahi Prosedur

Semarang,Mediajateng.net-Sementara itu Kuasa hukum DPC Organda Khusus Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Theodorus Yosep Parera, mengatakan tindakan Wiyono Eko dan anak buahnya ke kantor organda tersebut menyalahi prosedur.

“Mereka tidak punya surat geledah, tidak punya surat penyitaan. Namun mereka (penyidik Sat Reskrim Polrestabes Semarang) di bawah pimpinan Kasat, Wakasat Serse, melakukan penggeledahan mengambil 2 lembar surat dari kesekretariatan organda,” ungkap Parera di Mapolrestabes Semarang, Jumat (30/12)

Pada aturan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), sebut Yosep, perbuatan yang dilakukan Kasat Reskrim dan anggotanya di Kantor DPC Organda Khusus Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menyalahi aturan.

“Sebab itulah putusan MK nomor 21, itu bisa dilakukan pra peradilan. Mereka sekitar 15 menit di kantor Organda kemudian pulang semua. Ini kinerja kepolisian yang tidak benar. Saat saya mau tanya surat izin penggeledahan di Mapolrestabes Semarang, semuanya menghilang dan tidak mau menemui baik Kasat, Wakasat maupun Kanit,” imbuhnya

Terpisah Kasat Reskrin Polrestabes Semarang AKBP Wiyono Eko menegaskan jika malam itu ke kantor organda tersebut dalam rangka ingin bertemu salah satu staf tersangka untuk keperluan konfirmasi.

“Tidak ada penggeledahan, juga tidak ada yang dibawa berkas atau bukti lain, Kami ke sana bersama tersangka, posisi hujan deras saat berada kantornya,” beber Wiyono Eko.

Soal penyidikan, Wiyono Eko menyebut akan melihat perkembangan. Jika didapati bukti-bukti lain bahwa tersangka memang melakukan tindak pidana itu, maka tentu saja akan memperkuat sangkaan untuk selanjutnya dilimpahkan ke penuntut umum. Namun, jika dalam perkembangannya ternyata malah melemahkan penyidikan awal, bukan tidak mungkin polisi akan mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3).

“Hasil pemeriksaan tersangka, mengaku pungutan itu masih ada namun sebagian sudah dikembalikan ke para sopir yang terlanjur mengirimkan,” jelasnya.
Sejauh ini, Eko belum bisa memastikan berapa total dugaan pungli itu. Pihaknya akan melakukan pengembangan termasuk cek rekening hingga pemeriksaan saksi-saksi, sedangkan sejauh ini tersangka SR tidak ditahan (MJ-303)

Comments are closed.