kapolda jateng disambut antusias para petani

Petani Antusias Sambut Kedatangan Kapolda Jateng dan Pangdam IV Diponegoro

GROBOGAN, mediajateng.net – Kedatangan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi dan Pangdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Bakti Agus Fajri, dalam rangka panen raya padi dan penebaran benih ikan disambut antusias para petani di Desa Rajek, Kecamatan Godong dan Desa Penganten, Kecamatan Klambu, Senin (13/07/2020).

Lokasi pertama yang didatangi yakni, mendatangi Desa Rajek untuk melaksanakan panen raya bersama petani desa itu. Keduanya didampingi jajaran Forkopimda serta perwakilan petani melakukan panen padi bersama.

Di tempat yang sama, secara simbolis Kapolda dan Pangdam menyerahkan bantuan kepada perwakilan kelompok tani, berupa benih padi dan jagung, ikan lele dan gurami, ternak sapi dan kambing, mesin Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO), dan combain harvester dan cultivator.

Dalam sambutannya Irjen Pol Ahmad Lutfi mengungkapkan, instruksi Presiden RI Joko Widodo yang disampaikan pada peringatan HUT ke-74 Bhayangkara, salah satunya agar Polri ikut mendukung proses pemulihan ekonomi Nasional.

Hal itu ditindaklanjuti dengan Program Kapolri, yakni seluruh jajaran Polri mendukung ketahanan pangan, dengan melaksanakan kegiatan di bidang pertanian dan peternakan sebagai bentuk sense of crisis dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

”Perlu saya sampaikan, saat ini seluruh jajaran Polda Jateng dan Kodam IV/Diponegoro terus melakukan upaya-upaya antisipasi, guna mencegah kelangkaan pangan. Salah satunya melalui kegiatan yang dapat mendorong masyarakat untuk bersemangat dan produktif di tengah pandemi Covid-19, seperti kegiatan panen raya padi dan tabur benih ikan,” jelas Irjen Pol Ahmad Lutfi.

Pihaknya juga menyambut baik adanya kegiatan ini. Pasalnya, kegiatan itu merupakan implementasi peran serta TNI-Polri dan Pemkab Grobogan, dalam mendukung program ketahanan pangan Nasional.

”Selain itu saya juga berharap, kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan dan ditiru jajaran lainnya, dalam rangka membangun jaring pengaman sosial di seluruh lapisan masyarakat,” imbuh Kapolda.

Apresiasi

Sementara itu, Bupati Grobogan Sri Sumarni menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolda Jateng dan Pangdam IV/Diponegoro atas kerjasama yang selama ini dibangun. Menurut dia keberadaan Satgas Pangan terbukti telah menjaga stabilitas harga dan stok pangan di Kabupaten Grobogan.

Dengan demikian, pihaknya berharap tidak ada lagi mafia dan spekulan yang berani mempermainkan kebutuhan pokok masyarakat.

“Keberadaan Babinsa dan Babhinkamtibmas, juga sangat dirasakan manfaatnya. Apalagi pada kondisi jumlah Penyuluh Pertanian yang sangat terbatas. Kami hanya memiliki 72 penyuluh. Jumlah tersebut tentunya sangat tidak ideal untuk mendampingi 1.606 kelompok tani yang ada di Grobogan,” tambah dia.

Terkait bantuan yang diberikan secara simbolis kepada petani, Bupati berharap agar para petani dapat meningkatkan motivasi agar lebih giat dan berinovasi untuk mendukung Ketahanan Pangan Nasional. (Ag-MJ)