Penyerahan SPPT PBB dan Launching Pembayaran Bulan Panutan 2017

Pekalongan – mediajateng.net

Pemerintah Kota Pekalongan Senin (27/3) kemarin gelar kegiatan penyerahan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) sekaligus melaunching Pembayaran Bulan Panutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2017 di Ruang Jatayu Setda Kota Pekalongan. Kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk turut serta memeriahkan Hari Ulang Tahun 111 Kota Pekalongan yang jatuh pada 1 April mendatang.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Pekalongan, Suciono mengatakan bahwa yang berbeda dalam penyerahan SPPT tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya adalah kalau tahun-tahun sebelumnya, SPPT diserahkan oleh BKD kepada lurah-lurah. Akan tetapi tahun ini diserahkan langsung secara simbolis oleh Walikota Pekalongan H Ahmad Alf Arslan Djunaid.

“selain itu juga tahun ini sekaligus dilaunching pembayaran PBB yang diawali oleh bapak Wali, dilanjutkan dengan pak Pak Wakil Walikota, Bu Sekda dan seterusnya diikuti oleh masing Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Pekalongan,” jelas Suciono.

Ia juga menjelaskan bahwa jumlah SPPT yang akan diserahkan kepada wajib pajak sejumlah 86.381 yang terbagi dalam 4 kecamatan dengan total 14,6 miliar.

“Bahwa PBB ini merupakan Komponen Pendapatan Asli Daerah (PAD) sehingga targetnya cukup tinggi,” lanjutnya.

ia juga menambahkan dalam transaksi Pembayaran PBB pihaknya bekerjasama dengan BPD Bank Jateng sebagai bank persepsi untuk melakukan pembayaran.

Walikota Pekalongan menyampaikan bahwa penyerahan SPPT PBB tersebut dimaksudkan agar masyarakat Kota Pekalongan dan Pemangku Kepentingan mengetahui bahwa SPPT PBB tersebut telah disampaikan untuk kemudian didistribusikan kepada para wajib pajak untuk selanjutnya melakukan pembayaran. Sebab PBB tersebut tak lain untuk meningkatakan PAD di Kota Pekalongan.

“Bahwa saat ini pembayaran PBB lebih dipermudah. Apalagi dengan adanya sistem pembayaran Online. Sehingga sangat memudahkan para wajib pajak dalam melakukan pembayaran.” Kata Walikota. (MJ-808)