Pentingnya Laporan Keuangan Bagi Pelaku UMKM

Banjarnegara, mediajateng.net – Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) diharapkan dapat lebih memperhatikan tentang sistem laporan keuangan dalam rangka mendukung derap langkah serta laju pertumbuhan ekonomi ditengah masyarakat.

Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat sekaligus dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tamansiswa Banjarnegara (STIE TAMBARA) Walid Rudianti, S.Pd, M.Ak saat memberikan Pelatihan Pembukuan Laporan Keuangan bagi Pelaku UMKM di Balai Desa Gentansari, Kecamatan Pagedongan. (4/11/2021)

“Masyarakat pelaku UMKM diharapkan tertib dalam mengelola usahanya, laporan keuangan meski sederhana diharapkan diterapkan sehingga mengetahui proses keluar masuk anggaran serta kondisi ril usahanya” ujarnya.

Lewat pembelajaran dan metode sederhana ini diharapkan UMKM dapat eksis dan berkembang melebarkan sayapnya sebagai bagian dari mempercepat laju pertumbuhan ekonomi diwilayahnya sekaligus membantu pemerintah dalam mengentaskan serta membuka lapangan usaha.

Pelatihan pembukuan Laporan Keuangan diikuti oleh sedikitnya 15 pelaku UMKM di desa Gentansari dengan melibatkan mahasiswa KKN STIE Tamansiswa Banjarnegara sebagai bentuk implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi.

Sementara itu Kepala Desa Gentansari, Kecamatan Pagedongan Supriyono berharap efek bola salju yang dapat ditimbulkan dengan adanya pelatihan pembukuan laporan keuangan ini salah satunya menjadi modal pengetahuan bagi pelaku UMKM diwilayahnya.

”sangat bermanfaat, terutama agar masyarakat yang terjun ke usaha kecil dan menengah tau dan bergerak tidak salah jalan dan sekedar mengikuti trend, namun memperhatikan pergerakan yang terjadi di usahanya” paparnya.

Lebih lanjut pihaknya berharap dengan adanya pelatihan pembukuan keuangan ini pelaku UMKM dapat menata administrasi dengan baik, sehingga dapat mengetahui transaksi serta pergerakan usaha sewaktu waktu. (MJ/50)