Para Petani di Desa Ketanda Menyambut Baik Program Kemitraan Budidaya Talas Beneng

Banyumas, mediajateng.net – Minggu, 19 September 2021 CV. Indo Atsiri Jaya kembali melakukan sosialisasi dan penawaran program kemitraan budidaya talas beneng kepada para petani. Kali ini, kegiatan dilakukan di Desa Ketanda Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas.

Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh para petani di Desa Ketanda. Tercatat ada sekitar 41 orang petani yang datang ke Aula Balai Desa Ketanda untuk mengikuti program kemitraan budidaya talas beneng yang ditawarkan oleh CV. Indo Atsiri.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Kepala Desa Ketanda, perangkat desa, tokoh masyarakat dan petugas PPL dari Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas.

“Kami sangat mengapresiasi program kemitraan ini, sebab sebagian besar masyarakat Desa Ketanda merupakan pengrajin gula merah. Jadi dengan adanya program kemitraan budidaya talas beneng ini, kami berharap akan ada peningkatan kesejahteraan untuk para petani di Desa Ketanda” Kata Sunarti, PPL Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas.

Maraknya kegiatan budidaya talas beneng ini ternyata juga sudah merambah ke Desa Ketanda. Tercatat beberapa orang petani sudah menanam talas beneng sejak beberapa waktu lalu bersamaan dengan boomingnya komoditas ekspor talas beneng.

“Kami senang dan menyambut baik program kemitraan untuk membudidayakan talas beneng. Sudah sejak lama saya tahu dari internet tentang tanaman talas beneng. Kami berharap bisa ikut ekspor talas beneng agar penghasilan kami meningkat” Ujar Fadoli, salah satu petani di Desa Ketanda.

Senada dengan Fadoli, Imam Faozi salah seorang petani di Desa Ketanda juga menyatakan bahwa dirinya sangat respon dengan adanya penawaran program kemitraan budidaya talas beneng dari CV. Indo Atsiri.

“Harapan kami, semoga dengan adanya kemitraan ini, penghasilan kami meningkat lebih baik. Kami juga berharap dukungan dari Pemerintah Desa dan instansi terkait untuk terus mendampingi dan membantu kami dalam membudidayakan tanaman talas beneng ini” Tambah Faozi.

Program kemitraan budidaya tanaman talas beneng ini tak hanya mendapat respon positif dari para petani di Desa Ketanda, namun apresiasi positif juga datang dari Kepala Desa Ketanda sendiri.

“Potensi budidaya tanaman talas beneng di Desa Ketanda ini masih sangat mungkin dilakukan, sebab ketersediaan lahan dan tanaman talas beneng cukup banyak di Desa Ketanda. Kami dari Pemerintah Desa sangat mendukung program kemitraan seperti ini, dengan harapan bisa meningkatkan kesejahteraan warga di Desa Ketanda. Saya sendiri secara pribadi juga ingin ikut menjadi bagian dari program kemitraan budidaya talas beneng yang ditawarkan oleh CV. Indo Atsiri Jaya” Ungkap Sutarno, Kepala Desa Ketanda dengan ekspresi semangat.

Respon positif dari Pemerintah Desa serta para petani yang sangat mengapresiasi program budidaya talas beneng ini tentu saja sangat menggembirakan pihak CV. Indo Atsiri Jaya.

Acara yang juga dihadiri oleh Field Assistant PT. Telkom Indonesia Jakarta, Dhea Ratna Ayu itu kemudian diakhiri dengan pemaparan MOU program kemitraan budidaya talas beneng oleh Pipit, Manager CV. Indo Atsiri Jaya dan Andi, Owner sekaligus Direktur CV. Indo Atsiri Jaya. (MJ/50)