Musyawarah Gugus Depan SMPN 2 Kembaran, Pijakan Awal Meraih Prestasi

Banyumas, mediajateng.net – Gugus Depan Pangkalan SMPN 2 Kembaran menggelar Musyawarah Gugus Depan (Mugus) Tahun 2021. Selain untuk mendengar laporan pertanggungjawaban pengurus sebelumnya, musyawarah juga untuk menyusun program kerja dan memilih pengurus baru masa bakti 2021 – 2024.

Mabigus SMPN 2 Kembaran Ibnu Tavip Martapa, S.Pd mengatakan kegiatan Musyawarah Gugus Depan di SMPN 2 Kembaran ini digelar sebagai pijakan awal, untuk menyusun program kerja dan cita cita agar organisasi Pramuka ini lebih maju dan berprestasi. Dilaksanakanya musyawarah gugus untuk memilih pengurus baru, merupakan bagian dari menata organisasi Pramuka, khususnya di SMPN 2 Kembaran

“Dengan musyawarah Gugus Depan, ada kesepakatan diantara pembina dan pelatih, misalnya target untuk mencetak Pramuka Berprestasi dan juga Pramuka Penggalang Garuda. Ini pijakan awal, karena baru diselenggarakan,” katanya.

Dengan program dan cita cita menurut Ibnu, pendidikan dan pelatihan lebih terarah untuk mencapai tahapan prestasi.

“Kita berharap anak didik kita kedepan bisa berprestasi mulai dari kwarran, kwarcab, kwarda bahkan nasional. Karena hanya dengan prestasi Pramuka SMPN 2 Kembaran akan terkenal, dikenal dan mengenal prestasi di Kwarcab Banyumas,” lanjut Mabigus.

Dalam Mugus ini, terpilih Edi Sarwono, S.Pd sebagai Ketua Gudep 08.3075 (Putra) dan Tiara Anggun Putri Hidayat. S.Pd sebagai Ketua Gudep 08.3076 (Putri) masa bakti 2021–2024.

Musyawarah Gugus Depan dilakukan, sejalan dengan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 231 tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugus Depan Gerakan Pramuka. Disebutkan, Bahwa gugus depan sebagai organisasi terdepan dalam proses penyelenggaraan kepramukaan, mempunyai tugas pokok yaitu menghimpun kaum muda untuk bergabung dalam Gerakan Pramuka, menyelenggarakan kepramukaan yang bersendikan Sistim Among, dengan menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka.

Kemudian memelihara kelangsungan pembinaan dan pengembangan kepramukaan serta mengkoordinasikan kegiatan seluruh golongan pesertadidik dan menyelenggarakan administrasi.

“Jadi dilaksanakannya Mugus bukan sekedar memilih pengurus baru. Namun, bagaimana segenap Pembina di SMPN 2 Kembaran bergandeng tangan untuk maju bersama menata Pramuka lebih baik kedepannya, sehingga diperlukan tim yang solid,” ujar Ibnu

Ketua Gudep Putra Edi Sarwono, S. Pd mengaku siap mengemban amanah musyawarah Gugus Depan, dan bertekad bersama Ketua Gudep Putri untuk mendidik Pramuka Penggalang di SMPN 2 Kembaran untuk lebih baik.

“Seperti Harapan Ka Mabigus kita mencoba untuk berprestasi, dan menargetkan anak didik yang mempunyai hak untuk mendapatkan tingkatan tertinggi yaitu Pramuka Garuda akan kita fasilitasi,” katanya.