Mau Berlatih Kejujuran, Datang Aja Ke Sat Reskrim Polres Grobogan

Grobogan,Mediajateng.net-Datang ke kantor polisi terutama ruang Satreskrim tidak semata-mata ketika seseorang berhadapan dengan tindak kejahatan. Namun, ketika datang ke ruang kerja Satuan yang dipimpin AKP Eko Adi, yang berada di ujung barat Mapolres Grobogan di Jalan Gajah Mada, Purwodadi, seseorang juga bisa belajar tentang bagaimana bisa hidup dalam kejujuran.

Pasalnya, ketika menunggu kegiatan yang dijalankan di ruang tunggu Satreskrim ada kantin kejujuran. Tentu pengartian kantin tidak lantas berisi berbagai menu makanan. Melainkan, di ruang berukuran sekitar 4 X 10 disediakan sebuah fresser yang berisi berbagai jenis minuman ringan.

“Di fresser, orang yang menunggu proses administrasi bisa berswalayan mengambil minuman sesuai selera yang diinginkan,” ungkap AKP Eko Adi, Rabu (11/1/2017).

Setelah mengambil minuman, orang tersebut tinggal membayar dengan cara memasukan uang di dalam toples yang disediakan diatas fresser. “Jika ambil minuman, tinggal memasukan uang sesuai harga yang tertera. Termasuk wartawan,” tambah Kasat Reskrim.

Tidak saja untuk masyarakat yang sedang menunggu proses administrasi yang dilakukan. Namun, fresser kejujuran juga berlaku bagi anggota. “Anggota yang kepengin minum ya tinggal ambil sesuai selera dan bayar dalam toples. Sama juga saya,” tambahnya.

Selama sebulan dipasang, Kasat mengaku sudah beberapa kali mengisi kembali botol minuman di dalam fresser. “Kita memang tidak menargetkan untung. Jadi berapa uang yang ada ya kita belanjakan kembali,” tambahnya.
Keberadaan kantin kejujuran di ruang Satuan Reserse dan Kriminal disambut baik Wakapolres Kompol Wahyudi. “Kantin kejujuran Satreskrim sama juga mengajak anggota belajar jujur dari hal kecil. Ini sangat positif,” ungkapnya.

Dari pantauan Mediajateng.net, sejumlah pengunjung dan anggota Satreskrim Polres Grobogan tampak mamanfaatkan keberadaan kantin kejujuran untuk melepas dahaga mereka.

Dengan tertib, mereka mengambil minuman secara swalayan dan juga membayar sendiri barang yang dibeli dengan cara memasukan uang ke dalam toples yang ditempatkan di atas fresser.(MJ-070)

Comments are closed.