LBH Demak Suluh Kesadaran Hukum Warga Binaan Rutan Demak

Demak,Mediajateng.net – LBH Demak Raya kembali menggelar pendidikan dan penyuluhan hukum bagi puluhan warga binaan Rutan Demak dengan menggandeng Advokat/ Praktisi dari Semarang di Rumah Tahanan Klas IIB Demak, Kamis (22/12).

Kegiatan tersebut berangkat dari kegelisahan bahwa kesadaran hukum harus dimiliki seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali warga binaan rutan. Sekretaris LBH Demak Raya, Aldul Rokhim mengungkapkan bahwa pendidikan dan penyuluhan tersebut dilaksanakan rutin oleh LBH Demak Raya guna meningkatkan kesadaran hukum masyarakt.

“Pemahaman tentang pentingnya tersangka atau terdakwa mengenai haknya, akan tetapi sering diabaikan oleh aparat penegak hukum itu sendiri, seperti contoh ketika penangkapan oleh tersangka seharusnya aparat hukum menunjukan berita acara penangkapan, akan tetapi akan tetapi kadang juga ada tersangka yang tidak ditunjukan oleh APH itu sndiri asal main tangkap saja, kemudian surat penangkapan itu baru disusulkan, kemudian ketika proses BAP aparat penegak hukum juga tidak menjelaskan gambalang mengenai hak haknya sebagai tersangka,” kata dia.

Dia juga menyampaikan beberapa ketentuan yang mestinya dipenuhi negara. “Banyak juga tersangka ataupun terdakwa yang ancamannya diatas (5) lima tahun tanpa didampingi oleh pengacara padahal sudah jelas diamanatkan di dalam Undang – undang seseorang yang dituntun lebih dari 5 (lima) tahun wajib didampingi atau negara berkewajiban mencarikan pengacara untuk mendampingi tersangka atau terdakwa, akan tetapi hal itu jarang dilakukan, kalaupun ada memang ada penunjukan tapi hanya untuk melegalkan proses pemeriksaan itu, dan Penasihat Hukum yang ditunjuk juga tidak pernah muncul untuk mendampingi Tersangka waktu pemeriksaan tersebut,” tegas dia.

Isman, S.H mewakili Bambang Widjanarko, Kepala Rutan Demak berharap kegiatan ini tidak cuma sekali. “Nanti kami siapkan hari khusus bagi semua terdakwa atau narapidana di sini yang hendak konsultasi secara langsung dengan team LBH Demak Raya,” kata dia. (MJ-017)

Comments are closed.