Kerja Ikhlas Adalah Investasi

Oleh : Dwi Widiyastuti, M.Pd*)

Mediajateng.net – Kerja keras saja tidak cukup, kerja cerdas jauh lebih baik. Itulah kata motivasi yang sering didengar untuk meningkatkan produktivitas. Bekerja sekuat tenaga memang baik tetapi bekerja dengan ikhlas akan memberi nilai tersendiri. Ikhlas akan memberi nuansa beda hasil daripada hanya sekedar mencapai target.

Kerja yang tidak ikhlas akan membuat seseorang bekerja dengan sekehendak hati. Pekerjaan selesai tetapi dengan terpaksa. Sementara orang yang bekerja dengan ikhlas akan membuat suasana hati gembira dan hasil lebih baik. Sepanjang bekerja dilakukan dengan senyum ceria dan pikiran yang positif.

Bekerja ihklas membutuhkan kelapangan jiwa. Berhasil atau tidak akan diterima sebagai bentuk upaya menyelesaikan pekerjaan. Terkadang, pikiran tentang hasil pekerjaan yang dilakukan untuk kepentingan orang lain dibuang jauh-jauh. Fokus bagaimana mengupayakan kerja sebagai bentuk amanah yang tidak boleh diabaikan.

Di era kompetensi kerja  yang sangat kompetitif, bekerja ikhlas mempunyai tantangan yang berat. Tidak mudah menerima kenyataan yang mungkin tidak sesuai dengan ekspetasi. Bekerja ikhlas menjadi suatu “kenikmatan” yang tidak bisa diukur dengan mengesampingkan nominal yang diterima. Bekerja ikhlas adalah investasi yang harus dibayar mahal. Siapa menanam pasti menuai. Allah pasti membalas bagi mereka yang bekerja dengan ikhlas.

Ikhlas adalah kekuatan terbesar bekerja dan beramal. Pujian dan sanjungan hanya sebagai nyanyian. Bekerja tidak akan mengharap perhatian dari siapapun termasuk atasan. Hanya Allah yang menjadi panutan untuk bisa tunduk pada kebenaran dan jalan yang benar.

Orang ikhas ibarat sedang membersihkan noda-noda hitam yang ada pada dirinya. Maka apapun rintangan dan pengorbanan yang dilakukan tidak akan dihitung berapa beratnya. Ikhlas membuat orang bekerja secara ikhlas tanpa mengabaikan tanggung jawab yang diterima tanpa pamrih.

Hanya pujian dan perhatian dari Allah yang diharapkan. Bekerja dengan penuh semangat dengan tujuan hanya untuk kepentingan orang banyak.Orang yang bekerja ikhlas akan mempunyai pribadi yang menyenangkan. Banyak teman dan pandai beradaptasi dimana pun berada.

Ciri orang yang bekerja dengan ikhlas: beramal dan sungguh-sungguh, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Pujian atau celaan yang datang diterima dengan senang hati. Menjaga perilaku dan perbuatan yang diharamkan Allah. Hanya keridhoan Allah tujuan yang ingin dicapai. Suka membantu dan bekerjasama dalam kebaikan. Sukses bersama tanpa adanya rasa iri dengki karena bekerja adalah kerja tim.

Ikhlas memang mudah diucapkan tapi sulit dilakukan. Bekerja ikhlas adalah bukti keiman kita kepada Allah SWT serta bukti bahwa cinta tanpa syarat.

*)Dwi Widiyastuti, M.Pd
Pendidik MTs N 2 Banjarnegara, Jawa Tengah