Kalangan Dewan Apresiasi Pemkot Semarang Atas Penyaluran Sembako Secara Bertahap

Semarang, Mediajateng.net – DPRD Kota Semarang mengapresiasi program bantuan sembako yang disalurkan kepada warganya yang terdampak Covid-19. Apalagi bantuan yang disalurkan sudah mencapai tahap IV.

Menurut Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Muhammad Afif, secara umum bantuan paket yang disalurkan masih sangat diperlukan masyarakat. Hal ini karena pandemi yang terjadi, belum bisa dipastikan kapan akan berakhir.

“Dengan adanya bantuan paket sembako yang dilakukan secara bertahap ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang mengalami kesulitan ditengah situasi pandemi saat ini, “ katanya saat ditemui mediajateng di kantornya, Senin (3/8/2020).

Namun Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengingatkan agar penyaluran bantuan paket sembako tersebut harus benar-benar tepat sasaran. Artinya, mereka yang mendapatkan bantuan adalah warga yang benar-benar mengalami kesulitan.

“Penyaluran bantuan paket sembako tahap IV ini harus lebih akurat dibandingkan pada tahap I,II dan III lalu. Kira-kira penerima bantuan sembako ini layak atau tidak, dan ini membutuhkan pendataan yang baik,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Paket bantuan sembako tahap IV Pemerintah Kota (Pemkot) untuk warga terdampak Covid-19 mulai dibagikan. Menurut Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Semarang, Muthohar, total paket sembako yang dibagikan pada tahap IV ini sebanyak 130 ribu paket. Menurutnya, saat ini proses pengemasan sudah dikemas dan mulai didistribusikan ke kecamatan.

“Saat ini mulai dikirim ke Kecamatan, total ada 130 ribu paket yang dipersiapkan pada tahap IV ini bagi warga Semarang yang terdampak Covid-19,” katanya, Minggu (2/7/2020)

Lebih lanjut Muthohar mengungkapkan, bantuan paket sembako tahap IV kali ini, lebih besar jika dibandingkan pada tahap III lalu. Jika tahap III lalu, dari data yang ada disalurkan sekitar 120 ribu paket kepada warga.

“Untuk tahap IV ini ada penambahan 10 ribu jadi jika di total sebanyak 130 ribu paket yang akan dibagikan,” ungkapnya.

Dinsos lanjut dia, telah melakukan pendataan dan verifikasi lapangan sebelum bantuan tahap IV ini diserahkan. Tujuannya adalah agar paket yang disalurkan Pemerintah Kota Semarang bisa tepat sasaran.

“Kita sudah lakukan verifikasi pendataan dilakukan berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sehingga harapannya, tidak ada atau tidak terjadi penyaluran yang tidak tepat sasaran,” jelasnya. (ot/mj)