Hellofit Donasikan Rp500 Juta Untuk Tenaga Medis RSUP Dr Kariadi Semarang   

Semarang, Mediajateng.net, – Salah satu Start-up kesehatan,Hellofit, memberikan bantuan ribuan alat pelindung diri (APD) dan kebutuhan medis lainnya untuk para dokter dan tenaga medis di RSUP Kariadi Semarang, Selasa (14/4/2020).

Pemberian bantuan ini sebagai bentuk kepedulian akan minimnya persedian APD dan kebutuhan medis lainnya. Padahal, tenaga medis menjadi garda terdepan dalam merawat para pasien corona.

Bantuan itu berupa 1.000 masker N95, 300 set baju APD (alat pelindung diri), 2.000 pasang sarung tangan steril, 5.000 masker kain, 1.000 botol dan 48 galon hand sanitizer, 300 kacamata pelindung, dan 200 face shield senilai total Rp 500 juta.

Bantuan diberikan langsung oleh Vincent Geraldi selaku Founder dan CEO Hellofit kepada Direktur Utama RSUP dr Kariadi Semarang dr Agus Suryanto, Sp. PD, KP, MARS dan Direktur Perencanaan, Organisasi, dan Umum, drg. Sri Yuniarti Rahayu, Sp PD-KP, MARS.

“Saya amat tersentuh melihat adanya kekurangan APD tenaga medis di berbagai rumah sakit. Tenaga medis inilah yang berjuang keras merawat dan mengobati pasien Covid-19. Namun, sudah banyak korban jatuh dari kalangan dokter maupun tenaga medis lantaran tertular dari pasien.,” ungkap Founder dan CEO Hellofit, Vincent Geraldi.

Selain itu, Vincent menambahkan dirinya tergerak membantu RSUP dr Kariadi ini karena dia lahir di Semarang.  “Saya lahir dan besar di Semarang. Ini menjadi panggilan bagi diri saya untuk segera membantu dan turun tangan langsung memberikan bantuan ke  tenaga medis di kota ini,” ungkapnya.

Selain untuk tenaga medis, Hellofit juga menyerahkan masker kain yang ditujukan untuk kalangan umum. Vincent mengatakan, “Saya menjaga kalau ada pasien yang datang ke rumah sakit tanpa masker, maka masker kain ini bisa digunakan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, dr Agus Suryanto, Sp. PD, KP, MARS menyampaikan terimakasih kepada Hellofit. Saat ini pihak rumah sakit masih mengalami kesulitan mendapatkan APD, masker dan kebutuhan medis lainnya.

“RSUP dr Kariadi merupakan salah satu rumah sakit rujukan pelayanan Covid-19. Kami segenap civitas hospitalia rumah sakit selalu siap memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Melalui Tim Covid-19 yang terbentuk, kami bekerja sama dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota/Kabupaten di Jawa Tengah bahu-membahu mengatasi persoalan ini,” tambahnya.

dr Agus mengakui, kendala terberat bagi RSUP Dr Kariadi dalam penanganan Covid-19 salah satunya adalah kelangkaan APD. Bagi tenaga medis, keperawatan dan profesional yang tergabung dalam Tim Covid, APD yang memenuhi standar mutlak diperlukan.

“Pada kesempatan ini kami sangat berterima kasih kepada seorang pemuda asli Semarang, Vincent Geraldi, yang membantu menyediakan APD bagi Tim Covid kami. Saya atas nama pribadi dan institusi ini memberikan apresiasi,” tambahnya lagi.

dr Agus menjelaskan, APD amat diperlukan dan merupakan tameng bagi tenaga medis rumah sakit. Sebab, apabila tidak mengunakan APD yang telah ditetapkan oleh WHO, Kemenkes, dan dijadikan rujukan oleh Komite PPI, akan berbahaya bagi para pemberi layanan Covid-19. Melalui rekomendasi dari Komite PPI, pihaknya juga telah telah ditetapkan zona-zona berikut kriteria APD yang wajib digunakan bagi seluruh civitas hospitalia.

“Kami dari jajaran manajemen berkewajiban  memenuhi kebutuhan tersebut, tapi tetap saja  ada kekurangan. Sekali lagi terima kasih, bantuan APD yang kami terima sangat berarti dan semoga memberikan berkah bagi  Vincent, para tenaga medis, keperawatan dan lain-lain serta masyarakat yang terus berjuang melawan Covid-19 ini,” kata dr Agus.

dr Agus juga mengingatkan agar masyarakat mengikuti kebijakan pemerintah. Patuh untuk tetap tinggal di rumah, jaga jarak, gunakan masker ketika harus ke luar rumah, pastikan selalu cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta hidup sehat.

Seperti diketahui, Hellofit merupakan aplikasi kesehatan yang memberikan layanan konsultasi kesehatan dari para profesional ke masyarakat tanpa berbayar. Hellofit diluncurkan pada Jumat, 10 April 2020 di Solo.

Hellofit memiliki misi sosial, yakni membantu kelompok yang tidak mampu untuk mendapat akses kesehatan. Selain itu, Hellofit juga ingin membangun kesadaran perihal pentingnya kesehatan. Aplikasi kesehatan Hellofit dapat diunduh di Google Playstore dan website www.hellofit.id. (ot/mj)