Hadapi Musim Penghujan, Pemdes Sawangan Gelar Pelatihan Tanggap Bencana

Banyumas, mediajateng.net – Pemdes Sawangan, Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas menggelar Pelatihan Kesiapansiagaan Bencana bagi anggota Linmas dan Ormas, Kamis (7/10/2021). Kegiatan dibuka oleh Camat Ajibarang Parsono diikuti oleh 50 peserta.

Kepala Desa Sawangan, Tapsir mengatakan, kegiatan bertujuan melatih Linmas dan Ormas sebagai relawan dalam kesiapsiagaan bencana, serta meningkatkan kapasitas relawan dalam melaksanakan penindakan bencana.

“Kami menghadirkan Narasumber pada kegiatan ini Kapolsek Ajibarang, Koramil Ajibarang, Satpol PP Kecamatan Ajibarang dan BPBD Kabupaten Banyumas,” katanya

Dalam kegiatan ini, Camat Ajibarang Parsono mengigatkan agar semua tetap patuh dan melaksanakan protokol kesehatan dalam kegiatan apapun, dikarenakan covid belum selesai.

“Covid-19 belum selesai semua harus tetap menjalankan protokol kesehatan, bagi mereka yang mendapatkan undangan vaksinasi agar segera mengikuti, untuk mempercepat sebaran vaksinasi,” katanya.

Sementara Pihak Polsek Ajibarang yang di wakili oleh Sugianto, menghimbau untuk relawan tanggap jika menghadapi adanya bencana, membantu korban bencana dengan ikhlas dengan niat ibadah.

Ia menambahkan pentingnya ketertiban dan keamanan masyarakat sehingga perlunya partisipasi masyarakat untuk menaggulangi bencana sosial.

Babinsa Sawangan Adi soleman yang mewakili Daramil Ajibarang menyampaikan sebagai relawan harus memahami mitigasi bencana, tanggap cepat dan tanggap saat adanya bencana terutama di wilayah desa Sawangan.
Beliau menambahkan Bencana ada ada 3 jenis, Bencana alam, non alam dan bencana sosial.

Pemateri dari BPBD menyampaikan berbagai macam bencana yang terjadi di Banyumas terutama di wilayah kecamatan Ajibarang serta mitigasinya agar para peserta mampu lebih tanggap jika ada bencana yang terjadi para relawan mampu lebih cepat dan tanggap saat terjadi bencana.

Nanang pemateri lain dari BPBD Banyumas menyampaikan, tentang mitigasi bencana serta teknik -perlindungan, selain itu Nanang menambahkan teknik teknik metode first responder dengan maupun tanpa alat.

Sedangkan Surono, Plt Kasi Trantib Kecamatan Ajibarang, menerangkan tugas pokok dan fungsi linmas, serta tata hubungan serta struktur organisasi Linmas. Ia menyampaikan terkait mitigasi bencana kebakaran. (MJ/50)