Ganjar ke Pj Walikota Salatiga: Jangan Mencaplok Wilayah Daerah Lain!

SEMARANG, Mediajateng.net – Pemekaran wilayah yang sempat digadang Pemerintah Kota Salatiga terpaksa harus dikandaskan. Orang nomor satu di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tidak ingin terjadi caplok mencaplok antarwilayah.
Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat melantik Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Agus Rudiyanto di Gradhika Bhakti Praja, Jalan Pahlawan Semarang, Kamis (14/7).
Kota Salatiga dikabarkan hendak memperluas wilayah dengan mencaplok kecamatan di wilayah Kabupaten Semarang. Tapi pihak kabupaten enggan melepas. Kota Salatiga memang tergolong kecil. Hanya ada empat empat kecamatan yang menghuninya. Tapi dari keterbatasan itulah kota ini relatif aman dari kebencanaan dibanding daerah lain. “Oleh karena itulah, mengelola Salatiga itu dinilai tidak sulit, karena Wali Kota bisa setiap hari memanfaatkan peran pegawai yang ada. Camat bisa dimanfaatkan setiap hari,” ucap politikus PDIP ini.
Mengenai kekhawatiran ‘terasing’ gara­gara tol Semarang­Solo, Ganjar juga berpesan untuk tidak panik. Bagaimana pun juga, orang akan kangen dengan Salatiga. Entah wisatanya, atau kulinernya.
Selain meminta pembatalan rencana pemekaran, Ganjar minta penjabat walikota untuk menyiapkan reformasi birokrasi agar para pegawai bersedia menjadi pelayan masyarakat. Pemerintah setempat juga harus bersedia terbuka menampung segala kritik dari masyarakat. “PR dari saya, pelayanan publik harus juara. Transisi birokrasi dirombak agar mau melayani. Humas ada call center, website, sosial media, atau apa pun. Kalau tidak sempat, suruh ajudan yang mengurusnya,” kata dia.
Selain itu, Ganjar 8juga menegaskan agar Pemerintah Kota Salatiga mempersiapkan pilkada dengan baik. Sehingga, pesta demokrasi yang berlangsung di Salatiga dapat berjalan lancar dan aman. “Anggaran untuk Pilkada jangan telat. APBD untuk penyelenggaraan pilkada jangan pelit­pelit. Kasihan Bawaslu dan KPU,” pesannya.
Agus Rudiyanto dilantik menjadi Pj Wali Kota Salatiga menggantikan Yulianto yang habis masa jabatannya, Senin (11/7/) lalu. Agus sebelumnya menjabat
sebagai Sekretaris Daerah Salatiga. (MJ-05)

Comments are closed.