Dorong Pemulihan Ekonomi, Forkopimda Banjarnegara Launching Ekonomi Kreatif Sarsipol STIE Tambara Desa Wisata Pagak

Banjarnegara, mediajateng.net – Forkopimda Banjarnegara meresmikan Wisata Ekonomi Kreatif Sarsipol STIE Tambara di Desa Pagak Kecamatan Purwareja Klampok Banjarnegara, Rabu (3/11/2021).

Plh Bupati Banjarnegara H. Syamsudin, S.Pd., M.Pd mengatakan, Sarsipol memberikan gambaran kerpaduan kerjasama, saling membantu dalam mencapai kesuksekan.

“Kepeloporan yang dilakukan Desa Pagak atas kebersamaan dengan STIE Tambara dan Polres Banjarnegara seperti itulah yang mestinya ketika kita ingin melangkah maju,” ucapnya.

Menurut dia, kegiatan yang berjalan di Desa Pagak merupakan bagian dari sebuah model yang diharapkan nanti bisa berkembang dibanyak tempat, model bagaiamana pemberdayaan ekonomi kreatif yang ketika menyatu menjadi sebuah kawasan, kemudian memunculkan sebagai obyek wisata.

“Yang dua-duanya memiliki keterkaiatan yang luar biasa, artinya persoalan kemiskinan kronis, persoalan yang ada ditengah masyarakat bisa diselesaikan secara terpadu,” ucapnya saat wawanca usai meresmikan Desa Wisata Pagak.

Ia berharap, wisata Desa Pagak terus bisa dipertahankan, dikelola secara terus menerus sehingga desa lain yang akan meniru yang ada di pagak ini, akan tetap bisa memiliki contoh.

Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto, SH, SIK, MH, M.Si mengatakan, adanya launching desa wisata, hal ini merupakan sebuah breakdown atau tindak lanjut dari kebijakan Pemerintah untuk meningkatkan ekonomi kreatif di masa Pandemi covid-19 saat ini.

“Adanya pandemi ini kita tidak langsung menyerah, tidak cukup diam saja, tetapi kita harus berinovasi untuk bisa menciptkan sebuah lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Banjarnegara,” katanya.

Sementara itu, Ketua STIE Tamansiswa Banjarnegara Lustono, S. Pd, MM mengatakan, Desa Wisata Pagak berasal dari Ide Mahasiswa STIE Tamansiswa yang melaksanakan KKN.

“Tahun 2017 dilakukan KKN, dari situ disusun progaram apa yang bisa dikembangkan di Desa Pagak, dari situ munculah ide pengembangan desa wisata dengan melalui ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Pada tahun 2021, ini kata dia, diresmikan Wisata Ekonomi Kreatif Sarsipol STIE Tambara, terkandung maksud mendorong kreatifitas dan inovasi untuk menjadi masyarakat yang produktif.

“Membantu mendorong pemulihan ekonomi Nasional dan pertumuhan ekonomi masyarakat pada masa pandemi Covid-19,” tandasnya. (MJ/50)