Di Kongres Sampah 2019, Marimas Ajak Pilah Sampah Jadi Berkah

SEMARANG, Mediajateng.net, – Kegiatan Kongres Sampah 2019 digelar di Desa Kesongo, Kabupaten Semarang. Hadir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sekaligus membuka acara tersebut. Dalam sambutannya, Ganjar mengapresiasi pelaksanaan Kongres Sampah 2019 yang berlangsung 2 hari yaitu pada tanggal 12 dan 13 Oktober 2019.

Melalui Kongres Sampah Ganjar Pranowo mengajak seluruh stakeholder untuk duduk bersama menyelesaikan permasalahan sampah.

“Melalui sidang-sidang komisi kongres sampah ini, saya berharap selesai sidang masing-masing komisi dapat memberikan rekomendasi” pesan Ganjar.

Kongres Sampah dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat antara lain pemerintah, akademisi, komunitas lingkungan, tokoh masyarakat, pemuka agama dan kalangan industri.

PT Marimas Putera Kencana yang diwakili oleh Humas Lantip Waspodo turut serta menjadi pembahas aktif dalam sidang Komisi Kongres Sampah. Lantip menyampaikan bahwa pengelolaan sampah harus dimulai sejak dari rumah tangga dan menjadi tanggung jawab setiap orang.

“Kebiasaan pilah sampah perlu dituntaskan, yang organik bisa dikelola jadi pupuk, yang bisa dijual bisa dijual ke bank sampah, yang plastik dan tidak bisa dijual dapat dikelola dengan ecobricks sehingga semua bisa dikelola sejak dari rumah dan tidak perlu sampai ke TPA”, kata Lantip.

Kongres Sampah diakhiri dengan deklarasi Gerakan Sampah Menjadi Berkah dengan mengusung Jateng Gayeng 3 Ng, dimana setiap individu wajib : Ngelongi yang berarti mengurangi sampah, Nggunake berarti menggunakan kembali, Ngolah yang berarti mengelola sampah. (ot/mj)