Dampingi UMKM dan Sinergi dengan Influencer Jadi Program Unggulan Hipmi Kepengurusan Tristan Panolan

Dampingi UMKM dan Sinergi dengan Influencer Jadi Program Unggulan Hipmi Kepengurusan Tristan Panolan

KONTENJATENG.COM – Pelantikan Kepengurusan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Semarang periode 2021 – 2024 tinggal menghitung hari. Rencananya, akan dilantik pada Sabtu, 25 September 2021.

Sebelum pelantikan diselenggarakan, para pengurus menggelar rapat koordinasi persiapan pelantikan pengurus Hipmi Kota Semarang periode 2021 – 2024 di Hotel Nava One Jalan Sultan Agung No 91 Semarang.

Usai memimpin rapat, Ketua Hipmi Kota Semarang, Tristan Panolan menyampaikan dalam kepengurusannya telah mempunyai dua program unggulan sebagai program kerja organisasi, yakni pendampingan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan optimalisasi influencer.

“Di antara program unggula kami adalah menitikberatkan pada UMKM dan pemberdayaan Influencer. Slogan kita ialah Hipmi Sahabat UMKM,” kata Olan, sapaan akrab Tristan Panolan, seusai acara, Rabu 22 September 2021.

Nantinya Hipmi Kota Semarang akan lebih banyak menggandeng mitra maupun pengurus dengan back ground (berlatar belakang) UMKM. Menurutnya, selama ini Hipmi yang tadinya terkesan eksklusif, ke depan akan lebih terbuka.

Dan yang kedua, Olan melanjutkan, Hipmi Semarang akan menggandeng profesi baru yaitu para influencer.

“Jadi selama ini Hipmi lebih didominasi back ground kontraktor atau yang berkaitan dengan proyek-proyek, maka nanti kami akan menggandeng influenzer,” terangnya.

Ia menjelaskan, influencer merupakan profesi baru saat ini dan lagi ngetrend, di mana mereka bekerja secara mandiri dengan memanfaatkan media sosial. Hal ini yang menurut Olan, dapat dijadikan unit bisnis baru di Hipmi Kota Semarang.

“Ke depan juga kita juga akan menggandeng influenzer, selain UMKM. Karena digital marketing saat ini sudah menjadi kebutuhan,” ujarnya.

Menurutnya, teman-teman yang kemarin masih konservatif, melakukan marketing secara konvensional, kita akan bergabung dengan beberapa influenzer untuk membantu menghadapi era digital bisnis seperti sekarang ini.

Terkait dengan program internal, pihaknya akan merefocusing lagi berkaitan dengan keanggotaan.

“Kami akan murni menjaring pengusaha dari kalangan anak muda. Kemarin mungkin banyak didominasi anggota yang usianya 30 tahun sampai 40 tahun.”

“Namun, sekarang akan lebih ke usia produktif, yaitu 18 tahun sampai 25 tahun,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Umum Hipmi Kota Semarang Syaiful Fahmi menambahkan, pelantikan akan dilangsungkan besok Sabtu 25 September 2021 di Balai Kota Semarang dengan jumlah undangan terbatas dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sejumlah pejabat dan tokoh Kota Semarang akan hadir di acara tersebut, seperti Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, jajaran Forkopimda Kota Semarang. Tak lupa beberapa ketua OKP Kota Semarang, seperti Ketua Kadin, Ketua KONI dan Ketua KNPI Kota Semarang, dan lainnya juga diundang.(ot/mj)