Charoen Pokphand Foundation Indonesia Salurkan Makanan Siap Saji Untuk Nakes

Charoen Pokphand Foundation Indonesia Salurkan Ribuan Makanan Siap Saji Untuk Nakes

Semarang, mediajateng.net, – RSUP dr. Kariadi Semarang hari ini menerima bantuan berupa paket makanan siap saji dari Charoen Phokpand Foundation Indonesia. Makanan siap saji ini nantinya akan diberikan pada tenaga kesehatan yang bertugas di garda depan dalam penanganan Covid-19 di RS milik pemerintah ini.

Jumlah makanan siap saji yang diberikan sebanyak 700 porsi dalam satu minggu yang akan diberikan selama satu bulan, sehingga total makanan siap saji yang disumbangkan sebanyak 2.800 paket.

Humas RSUP dr. Kariadi, Parna, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada cHaroen Phokpand Foundation Indonesia yang telah sangat peduli kepada para nakes di RS Kariadi. Pihaknya melihat bentuk kepedulian yang diberikan kepada [para pengusaha maupun masyarakat adalah bentuk semangat bagi para tenaga kesehatan dalam memberikan pengobatan yang terbaik bagi pasien Covid-19.

“Bantuan ini sangat bermanfaat, paling tidak kita tidak merasa sendiri, karena banyak yang support dari pengusaha, teman-teman media dengan pemberitaan positifnya yang merupakan bentuk support agar nakes di Kariadi ini tidak merasa berjalan sendiri menghadapi pandemi,” kata Parna saat ditemui RMOL Jateng, Kamis (22/7).

Parna menyampaikan jika pandemi ini harus dilawan oleh seluruh komponen dan tidak hanya tenaga kesehatan saja. Dukungan dari semua pihak adalah kunci keberhasilan melawan pandemi ini. Bahkan pihaknya mengatakan jika saat ini pasien Covid-19 yang dirawat di RS dr. Kariadi turun menjadi 176 orang, dari sebelum PPKM Darurat yang mencapai 358 orang.

“Kariadi ini mampu melayani orang-orang yang terdampak pandemi dari awalnya kita hanya sediakan tempat tidur hanya 66 dan sampai saat ini kita sudah memiliki 381 tempat tidur, dan dalam Program PPKM Darurat ini bisa menekan laju penyebaran Virus Covid-19, yang semula pasien kita sampai 358 orang, sekarang sudah turun menjadi 176 orang dan mudah-mudahan ini adalah pertanda baik agar makin turun dan Covid segera selesai,” ungkap Parna.

Terkait dengan tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 di RS Kariadi, Parna menyebut sejak awal pandemi hingga saat ini ada sekitar 860 nakes terpapar, namun hanya 5 persen saja yang harus dirawat dan sisanya hanya menjalani isolasi mandiri karena memang tidak bergejala.

Sementara itu perwakilan Charoen Phokpand Foundation Indonesia, mengatakan jika pemberian makanan siap saji ini adalah bentuk kepedulian terhadap tenaga kesehatan. Karena memiliki usaha yang bergerak di bidang makanan, Charoen Phokpand Foundation Indonesia turut menyumbang makanan cepat saji untuk pemenuhan gizi tenaga kesehatan.

Ada 6 rumah sakit yang kami berikan bantuan, yang di Semarang ada 4 rumah sakit yakni RSUP dr. Kariadi, RSWN, RSUD tugurejo dan RS Nasional Diponegoro, lalu di RSUD Salatiga dan RS Tentara dr. Asmir,” jelasnya.

Rumah sakit yang diberikan sumbangan makanan cepat saji adalah rumah sakit rujukan yang menerima pasien Covid-19. “Totalnya kalau di Kariadi ini 700 pack per minggu, RSWN 700 pack, Tugurejo 600 pack dan RSND juga 700 pack per minggu yang akan kita berikan secara kontinyu, dan saat ini kita berikan selama satu bulan dulu nanti kita evaluasi dulu kalau animo bagus maka akan kami usulkan lagi ke manajemen,” tandasnya. (ot/mj)