Berdalih Bisa Sembuhkan Penyakit, Remaja Ini Tipu Puluhan Juta

Batang – nediajateng.net

Seorang pemuda asal Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah terpaksa digelandang polisi. Pasalnya diduga telah melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan, hingga korbanya mengalami kerugian puluhan juta rupiah. Pelaku adalah IR (19) warga Dukuh Gondorio, Desa Wringinagung, Kecamatan Doro, Kab. Pekalongan. IR berhasil dibekuk Unit Reskrim Polsek Wonotunggal Polres Batang pada Sabtu (20/5) sekitar pukul 20.00 WIB dirumah korban Mul (44) warga Dukuh Dawuhan, Desa Sigayam , Kecamatan Wonotunggal, Kab. Batang.

Kapolsek Wonotunggal AKP Donni Krestanto mengatakan kejadian berawal dengan cara Tersangka IR (19) datang ke rumah Mul (44) pada bulan April 2017 lalu yang mengstsksn psds korban bahwa bisa mengibati berbagai macam prnyakit.

“Pelaku berdalih bisa menyembuhkan sisa-sisa penyakit akibat guna-guna /semacam tenung yang di derita istri korban, sehingga hal ini membuat korban makin percaya,” tukas AKP Donni Krestanto, Selasa (30/5)

Lebih lanjut Kapoksek menambahkan Kemudian antara kurun waktu Bulan April-Mei 2017 korban memberikan uang dengan jumlah keseluruhan sebesar Rp 49,1 Juta untuk membeli Minyak Poni Basalua dan Minyak Panca Warna , ternyata Tersangka IR tersebut hanya membeli Minyak Poni Basalua dan Minyak Panca Warna tersebut dengan harga Rp 3, 8 juta, dan sisa uang Rp. 45,4 yang diberikan oleh korban tidak di kembalikan.

”sisa uang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan bersenang senang,”imbuhnya

Selain mengamankan pelaku juga menyita barang bukti berupa 2 botol minyak Poni Basalua, 2 botol minyak Panca Warna. Akibat perbuatanya, pelaku akan dijerat dengan pasal 378 dan 372 KUHPidana. (MJ-303)