Bawaslu Demak: KPU Harus Lakukan Perbaikan Daftar Pemilih

DEMAK, Mediajateng.net – Selain persoalan Daftar Pemilih Tetap (DPT) bermasalah, Bawaslu Kabupaten Demak, juga menemukan ribuan pemilih potensial yang tidak masuk dalam DPT Pemilu 2019.

Khoirul Saleh, Ketua Bawaslu Demak, mengatakan, berdasarkan informasi dari Disdukcapil Demak, hingga Agustus 2018 , masih terdapat sekitar 8.726 penduduk Kabupaten Demak wajib KTP yang belum melakukan perekaman E – KTP.

Mereka yang belum memiliki KTP Elektronik tersebut, nantinya dapat masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK), yaitu pemilih yang tidak terdaftar sebagai pemilih dalam DPT dan DPTb, tapi memenuhi syarat sebagai pemilih.

“Kami tak henti-hentinya mendorong KPU Demak agar terus melakukan perbaikan daftar pemilih,” katanya, Selasa (11/9/2019)

Lebih lanjut Khoirul menambahkan, demi menuju kesempunaan DPT, diperlukan peran serta masyarakat, pemerintah, ormas, lembaga pemerhati pemilu maupun partai politik.

“Warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih, hendaknya terlibat aktif. Pastikan apakah dirinya, keluarganya atau tetangganya sudah masuk dalam daftar pemilih tetap atau belum, jika belum terdaftar sebagai pemilih bisa menyampaikan atau melaporkannya ke Panwascam, Pengawas Desa /Kelurahan ataupun ke PPS terdekat,” bebernya.

“Dan partai politik peserta pemilu,
melalui kader-kadernya juga melakukan hal yang sama. Jangan sampai , ketika hasil pemilu sudah ditetapkan baru teriak mengatakan DPT bermasalah,” tandasnya.