Banjir Tiga Desa, Bupati Demak Tunggu Aksi BBWS

DEMAK, Mediajateng.net – Bupati Demak H.M. Natsir meninjau lokasi banjir yang menimpa di beberapa desa yang berada di kecamatan Sayung Kabupaten Demak, Kamis (15/2).

Ia menyampaikan simpatinya kepada warga agar tetap tabah dan tawakal menghadapi musibah banjir yang melanda. Selain itu Bupati juga menegaskan kepada pihak yang terkait agar tetap mengecek perkembangan dan memberi bantuan apa yang menjadi keluhan para korban.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Drs. M. agus Nugroho LP menjelaskan bahwa banjir musiman di Kecamatan Sayung Demak merendam tiga desa yakni Desa Prampelan, Sayung dan Kalisari. Banjir luapan Sungai Dombo tersebut mengakibatkan ribuan rumah terendam air sejak sepekan terkhir ini.

“Di desa Prampelan sebanyak 500 rumah tergenang banjir, desa Sayung 1471 rumah dan desa Kalisari sebanyak 986 rumah,” tambahnya.

Ia melanjutkan, genangan air tersebut mengakibatkan aktivitas warga terganggu. Air masuk ke dalam rumah dengan ketinggian bervariasi antara 30-60 cm. sedangkan di jalan-jalan kampung genangan air hingga mencapai 1 sampai 1,5 meter sehingga akses warga terhambat.

Ia juga menngatakan, banjir yang diakibatkan oleh pendangkalan sungai tuntang dan dombo tersebut mengakibatkan aliran sungai dari hulu ke hilir tidak mengalir lancar. Akibatnya setiap musim hujan air meluap ke pemukuman warga maupun ke area pertanian karena sungai tidak mampu menampung debit air yang terlalu tinggi.

“Pemerintah Kabupaten Demak selalu berkoordinasi dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) agar segera menormalisasi sungai tersebut,” katanya.

“Kita tunggu action BBWS karena ini merupakan wewenangnya,” imbuhnya.

Di akhir penjelasannya ia memastikan, untuk persediaan logistik dan obat-obatan relatif aman.