Anggota Provost Polrestabes Ini Gratiskan Soto Setiap Hari Jum’at

Semarang – mediajateng.net
Bagi Aiptu Suprapto anggota unit Provost Sie Propam Polrestabes Semarang menyisihkan sedikit rejeki pada sesama bisa dilakukan dengan banyak cara. Ia menggratiskan paket soto komplit di warungnya kepada semua pengunjung setiap hari Jumat.

Lokasi warungnya berada di dalam gang Jalan Simpang, Kelurahan Sekayu, Semarang Tengah, tepat di belakang tempat wisata Lawang Sewu. Namanya Warung Soto Seger Lawangsewu.

Saat masuk ke warung ada tulisan “gratis nasi soto setiap hari Jumat” di atas angkringan soto dan di spanduk di dalam warung. Ketika memesan soto pada hari Jumat, maka pembeli disuguhi paket lengkap soto beserta tempe goreng, sate daging, kerang, atau telur puyuh.

Saat membayar, kasir hanya akan menghitung minum yang dipesan. Warung yang mulai buka pukul 06.00 sudah mulai diserbu pelangganya hingga menjelang Jum’atan.

“Ini sudah setahunan gratisnya. Memang hari Jumat, karena hari berkah,” kata Suprapto Jumat (13/1)

Menurut Suprapto usaha berjualan Soto bersama istrinya, Emy Sulistiyati (45) sejak 10 tahun lalu. Mereka sempat pindah kios yang lokasinya tak jauh dari tempat lama.

“Dulu setiap jumat keliling Semarang bagi-bagi nasi kotak, usai Salat Jumat. Yang diberi tukang becak, gelandangan dan san tukang sapu jalan.

Namun cara sedekah tersebut dinilai kurang efektif dan terkendala saat berdinas berdinas atau istrinya sedang ada kegiatan. Kalaupun melibatkan karyawan takut kalau warungnya ramai pembeli.

Agar tetap bisa bersedekah setiap Jumat. Akhirnya diputuskan untuk menggratiskan menu soto lengkap dengan lauk bagi siapa saja yang datang. Awalnya Suprapto memberitahukan pada masyarakat melalui selebaran.

Untuk soto gratis setiap Jumat, biasanya bisa disuguhkan sebanyak 250 porsi dan itu sudah habis sekitar jam 12.00 WIB. Konsumennya karyawan perkantoran, wisatawan Lawang Sewu.

Salah satu pelanggan, Menik (52) mengaku sempat kaget ketika pertama makan di warung ini. Saat akan membayar, ternyata yang dihitung hanya minumannya saja.

“Saya sebelum ada gratisan sudah sering makan di sini. Pas pertama kali tahu, saya tidak baca ada tulisan gratis itu,” katanya.

“Sotonya enak, pelayanannya juga bagus, dan bersih tempatnya,” imbuh Indra pelanggan asal Semarang Timur.

Suprapto dan isrrinya mengaku dengan sedekah berupa Soto ternyata rezeki semakin bertambah. Mereka bisa memenuhi kebutuhan termasuk untuk empat anaknya, Nabila Ayu Mahardika (19), Melati Asa Edinia (14), Lintang Aura Rahman (9), dan Aqila Dewi Sinar Aulia (8).

“Alhmadulillah Anak pertama saya sekarang sudah semester 3, kuliah kedokteran di Unissula. Enggak khawatir rugi, rezeki semakin bertambah,” ujarnya

Warung milik Suprapto yang dulunya hanya menjual soto, kini menjual menu lainnya dengan harga yang murah meski berdekatan dengan tempat wisata.

“Saya tidak langsung menaikan harga karena dekat tempat wisata, dilayar sudah ada harganya,”
tegasnya.

Sebagai anggota Provos dirinya juga harus mencontohkan kedisiplinan kerja di lingkungan Mapolrestabes Semarang. Walau setiap paginya harus berbelanja di pasar, namun masalah kedinasan tetap dinomor satukan.

“Unit kerja saya kan di penindakan kedisiplinan anggota Polisi, jadi sebisa mungkin tetap memberikan contoh dengan berangkat dinas sesuai jadwal walaupun hati mengurus warung,” pungkasnya. (MJ-303 )

Comments are closed.