8 Tahun Kurungan untuk Pembunuh Anang

GROBOGAN, Mediajateng.net – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Purwodadi, Kabupaten Grobogan, menjatuhkan vonis penjara selama 8 tahun kepada ketiga terdakwa yakni DY (23), UP (23) dan DA (25) atas kasus pembunuhan yang mereka lakukan.

Vonis dibacakan Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Purwodadi, Cyrilla Nur Endah, SH MH, di hadapan peserta sidang, Senin (30/4/2018), sekitar pukul 11.00 WIB.

Menurut Cyrilla, terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan menghilangkan nyawa Anang Tri Hidayat (24).

“Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penganiayaan yang mengakibatkan meninggalnya korban. Dengan demikian diputuskan vonis 8 tahun penjara, dipotong masa ditahanan sejak diputuskan sebagai tersangka,” kata Cyrilla.

Vonis ini sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) selama 8 tahun penjara. Terdakwa menganiaya korban sehingga korban meninggal dunia. Dijelaskan Cyrilla, majelis hakim juga menyatakan setuju dengan tuntutan JPU bahwa perbuatan terdakwa telah memenuhi unsur tindak pidana sebagaimana tertulis pada Pasal 170 KUHP.

“Selain itu, setelah pemeriksaan kesehatan, diketahui terdakwa dinyatakan sehat jasmani, rohani dan kejiwaannya,” katanya.

Hal yang meringankan menurut Cyrilla, terdakwa mengakui perbuatannya, menyesal, belum pernah dihukum sebelumnya dan masih memiliki masa depan. Seperti tuntutan Jaksa, vonis yang dijatuhkan sama dengan dua per tiga dari ancaman hukuman maksimal yakni 12 tahun penjara.

Mendengar putusan yang diikuti ketokan palu hakim ketua, keluarga korban yang tidak terima langsung teriak-teriak memaki terdakwa dan hakim. Kakak korban menganggap putusan tidak adil. Sebagai bentuk kekecewaan, keluarga korban sempat menyebarkan uang ratus ribuan ke lantai kantor pengadilan.(Agung-mj)