15 Ribu Proposal Wirausaha Bersaing Guna Dapatkan Modal Usaha

15 Ribu Proposal Wirausaha Bersaing Guna Dapatkan Modal Usaha

Semarang, mediajateng.net, – Panitia kompetisi program wirausaha Diplomat Success Challenge (DSC XI) menerima 15.589 proposal ide bisnis hingga akhir pendaftaran. Proposal tersebut akan diseleksi untuk mendapatkan kesempatan meraih total hibah modal usaha Rp 2 miliar, pendampingan profesional, serta jejaring wirausaha.

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan, di awal pendaftaran, pihaknya menargetkan jumlah pendaftar yang kurang lebih sama dengan tahun lalu atau 12.500 proposal bisnis. Angka ini cukup realistis mengingat perekonomian dan kondisi masyarakat yang sedang dihantam pandemi COVID-19.

“Kami cukup terkejut karena total peserta yang sudah mendaftar DSC XI meningkat sekitar 25% dari penyelenggaraan DSC tahun lalu hingga mencapai total 15.589 peserta. Kami sangat berterima kasih atas antusiasme yang luar biasa dari masyarakat Indonesia dalam perhelatan DSC XI ini,” ujarnya.

Antusiasme ini kata dia, menunjukkan bahwa ekosistem wirausaha di Indonesia kian berkembang meski masih di masa pandemi. Selain membutuhkan lebih banyak akses permodalan, para wirausahawan ini juga membutuhkan edukasi, pendampingan usaha, serta jaringan wirausaha.

“Penyelenggaraan DSC di tahun ke-11 ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dan wadah bagi para wirausahawan untuk tetap bertumbuh, bahkan di masa sulit seperti di tahun pandemi ini,” katanya.

Proposal bisnis ini akan diseleksi kembali menuju tahap National Selection untuk memilih 150 terbaik di mana para peserta akan melakukan presentasi dalam waktu 5 menit di hadapan keempat mentor nasional.

Selanjutnya, 150 peserta akan mengerucut menjadi 20 finalis yang akan mengikuti tahap inkubasi, market challenge dan penjurian final. Nantinya, 20 finalis akan berkompetisi untuk meraih total hibah modal usaha senilai Rp 2 miliar.

Proposal bisnis yang masuk pada DSC XI ini dikelompokkan menjadi 6 kategori bisnis, yaitu Agrobisnis, Kriya & Fashion, Services, Startup Digital, Food & Beverage, dan kategori lain-lain. Dari seluruh proposal yang masuk, kategori Food & Beverage mendominasi hingga 38,3%, diikuti dengan kategori Kriya & Fashion sebanyak 20,4%. (ot/mj)