Ribuan Petasan Siap Edar Diamankan Polsek Bukateja Polres Pubalingga

Purbalingga – mediajateng.net

Kepolisian Sektor Bukateja, Resor Purbalingga, Jawa Tengah berhasil mengamankan ribuan petasan berbagai jenis beserta obat pembuatnya di rumah salah satu warga di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja, Sabtu (10/6) dini hari.

Kapolsek Bukateja AKP Agus Triyono mengatakan dalam rangka menciptakan situasi wilayah yang kondusif selama bulan puasa pihaknya gencar melakukan razia miras dan petasan. Beberapa lokasi yang diduga sebagai penjualnya dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan. Seperti yang kita lakukan di wilayah Desa Wirasaba terkait adanya penjualan petasan.

“Bermula dari informasi masyarakat terkait sebuah rumah yang menjual berbagai jenis petasan, pihaknya bertindak cepat merespon informasi tersebut. Setelah melakukan penyelidikan, kemudian kita lakukan pemeriksaan dan penggeledahan hingga berhasil mengamankan ribuan butir petasan,” ungkap Agus, sabtu (10/6) pagi

Dalam razia tersebut, petugas berhasil menyita lebih dari seribu butir petasan. Dari total tersebut dengan rincian antara lain 10.360 buah petasan cengisan, 323 buah petasan cap leo kecil dan 21 buah petasan cap leo besar. Selain petasan diamankan pula 5 kilogram obat pembuata petasan, setengah kilogram obat pembuat sumbu petasan dan 185 buah sumbu petasan yang sudah siap.

IMG-20170609-WA0238

Petasan tersebut diamankan dari JU (47) warga Desa Wirasaba RT 3 RW 7, Kecamatan Bukateja, Purbalingga. Menurut keterangan penjualnya, ia mendapatkan berbagai jenis petasan tersebut dari seseorang yang tidak dikenal di luar kota. Selanjutnya, petasan dijual di wilayah sekitaran Bukateja.

Barang bukti petasan yang diamankan di mapolsek selanjutnya dilakukan pemusnahan. Karena rawan meledak, petasan direndam dalam air untuk menghilangkan efek ledakan yang mungkin terjadi apabila dibiarkan. Sementara itu pemilik petasan masih diperiksa lebih lanjut.

“Penyitaan petasan tersebut sebagai wujud dari pelaksanaan operasi kepolisian yang ditingkatkan dan guna memberikan rasa tentram, nyaman dan aman kepada masyarakat selama ramadhan hingga Idul Fitri,” pungkasnya. (MJ-303)