Giatkan Minat Baca, Sejumlah Remaja dirikan Taman Bacaan Masyarakat

Giatkan Minat Baca, Sejumlah Remaja dirikan Taman Bacaan Masyarakat

Purbalingga, mediajateng.net – Sejumlah remaja Desa Campakoah kecamatan Mrebet Purbalingga menginisiasi pendirian Taman Bacaan Masyarakat (TBM), hal itu dilatarbelakangi oleh keprihatinan mereka akan kegiatan belajar masyarakat yang sudah setahun lebih terhenti secara tatap muka oleh pandemi covid-19.

Menurut penuturan Ridwan selaku inisiator kegiatan, bahwa banyak waktu dan energi mereka yang terbuang cuma-cuma sementara tidak ada media pendidikan alternatif yang bisa diakses oleh masyarakat . Sehingga ia mengajak sejumlah remaja usia SMP untuk bersama mendirikan ruang belajar bagi masyarakat khsusus remaja dan anak-anak di lingkungan Desanya, untuk mendirikan TBM,

Hal itu disambut baik oleh Setiyo Haryono, selaku pegiat Literasi yang sekaligus pendiri Komunitas Baca “Insan Literasi” Purbalingga. Yang memiliki visi mencerdaskan anak bangsa melalui membaca dengan misinya Gerakan Satu Desa Satu Rumah Baca. “Pada saat saya dihubungi untuk memfasilitasi pendirian TBM ini, tanpa pikir panjang saya langsung iyain aja, karena ini yang memang saya tunggu” Jelasnya saat dihubungi via telpon.

Sebagai tahap awal, para remaja mendapatkan penjelasan umum dari fasilitaror tentang pentingnya literasi bagi masyarakat, kemudian dilanjutkan dengan tahapan pendirian TBM, sampai pada penyusunan program kegiatan.

Pada pertemuan itu, disepakati nama lembaganya adalah TBM “Mekar Insani” , juga susunan pengelola yang terdiri dari para remaja. Untuk kegiatan awal pasca pendirian adalah mereka melakukan giat baca bersama seminggu sekali. Dengan model saling tukar buku yang dibawa oleh masing-masing remaja.

Sebagai penutup, salah satu perwakilan peserta Nurisa Fanah menyerahkan cinderamata berupa 1 buah buku kepada Setiyo Haryono selaku fasilitator. (MJ/50)