UPGRIS Borong Akreditasi Unggul

Media Jateng, Semarang – Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) memborong tiga penghargaan Program Studi (Prodi) akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).

Tiga Prodi UPGRIS yang mendapatkan akreditasi unggul yakni Prodi Bimbingan dan Konseling, Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan serta Prodi PG Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Rektor UPGRIS Dr Sri Suciati MHum mengaku bersyukur tiga Prodi mendapatkan akreditasi unggul dalam waktu yang bersamaan. Menurutnya penghargaan akreditasi unggul ini merupakan kerja keras dari Dekan dan Dosen dari tiga Prodi  tersebut.

“Alhamdulillah, akhirnya 3 program studi meraih akreditasi unggul. Ini merupakan  buah dari kerja keras teman-teman di tiga Prodi itu beserta para Dekan, karena dengan kerja keras tentu akreditasi unggul dapat dicapai,” katanya, Selasa (22/11/2023).

Sri Suciati menjelaskan, Prodi  Bimbingan dan Konseling serta Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebelumya telah terakreditasi A, dan disusul Prodi PG PAUD yang sebelumnya B. Karena adanya perubahan regulasi (aturan baru) maka ketiga Prodi UPGRIS mendapatkan akreditasi unggul.

“Sebelumnya  Prodi BK dan PPKN ini sudah terakreditasi A, lalu ini menjadi unggul karena aturan baru. Sedangkan  program studi PG PAUD itu tadinya B untuk yang aturan lama,  sekarang  bisa melompat menjadi unggul. Ini merupakan capaian yang luar biasa,” terangnya.

Sri Suciati juga telah menyiapkan beberapa Prodi untuk mendapatkan akreditasi di tahun 2023. Sementara di tahun 2022 ini, raihan akreditasi unggul 3 Prodi merupakan prestasi bagi UPGRIS untuk jalan menjadi Universitas Unggul.

“Kami memang sedang menyiapkan beberapa Prodi untuk akreditasi unggul, seperti pendidikan biologi program studi bahasa Inggris.  Sedangkan Prodi Matematika dan Prodi Informatika juga kita siapkan untuk akreditasi unggul dan juga untuk akreditasi internasional,” ungkapnya.

“Minimal kami harus punya 8 program studi yang terakreditasi unggul, untuk bisa menjadi universitas terakreditasi unggul,” imbuhnya.

Untuk menuju  Universitas terakreditasi unggul, tentu UPGRIS telah menyiapkan berbagai dukungan bagi Program Studi untuk mendapatkan akreditasi unggul. Pihaknya selalu memberikan mensuport bagi civitas akademika dengan fasilitas yang dibutuhkan dalam berproses mendapatkan akreditasi unggul.

“Pertama kita berikan dukungan dana, kedua fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan untuk akreditasi. Sesungguhnya ukuran unggulnya Universitas adalah unggulnya program studi, kita siapkan semuanya. Untuk akreditasi tentu kami akan all out,” pungkasnya. (MJ/60)