Tingkatkan Peran Linmas, Pemdes Banjareja Gandeng Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas

Cilacap, mediajateng.net – Anggota Koramil 05/Nusawungu, Babinsa Banjareja Sertu Miswanto bersama dengan Bhabinkamtibmas Aipda Suwaryo, melaksanakan Pembinaan Linmas bertempat di Balai Desa Banjareja Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap, Kamis, 14 Oktober 2021.

Hadir dalam kegiatan, Kepala Desa Banjareja Edi Suwarno beserta para perangkatnya, dan diikuti oleh 32 orang anggota Linmas Desa Banjareja. Pembinaan Linmas diawali dengan Apel kesiapan guna memastikan anggota Linmas hadir semua. Selain itu juga memastikan penyelenggaraan kegiatan terapkan protokol kesehatan yang ketat guna mencegah penyebaran Covid-19.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Edi Suwarno juga memberikan pembekalan kepada seluruh anggota Linmasnya. Sebagai Satuan pelindung masyarakat, dirinya berharap peran Linmas di masyarakat agar ditingkatkan lagi. Terlebih lagi dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas, diharapkan situasi Kamtibmas di wilayah desanya benar-benar nyaman, tertib dan aman.

“Ini yang kita harapkan, peran Linmas di masyarakat harus ditingkatkan lagi agar wilayah desa kita ini aman dan kehidupan masyarakat tertib dan nyaman. Untuk itu kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang selalu memberikan motivasi, dorongan semangat kepada anggota Linmasnya,” kata Kades Banjareja Edi Suwarno.

Selain pembekalan terhadap anggota linmas, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemilihan Danton Linmas, dikarenakan Danton sebelumnya sudah memasuki usia lanjut sehingga perlu dilakukan regenerasi agar Satuan Linmas di desa ini terus berjalan. Dilanjutkan dengan pembekalan yang dilakukan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Babinsa Sertu Miswanto mengatakan, dalam mewujudkan situasi Kamtibmas di masyarakat, peran Linmas sangat diperlukan dan sangat membantu pihak desa, mendukung tugas Babinsa dan Bhabinkamtibmas di wilayah binaan. Harapannya, melalui pembekalan secara terus menerus, diharapkan tingkat kedisiplinan dan kesiapan Linmas tetap terjaga sehingga siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi di wilayah desanya.

“Peran Linmas ini penting dalam mewujudkan situasi Kamtibmas di desa dan hal ini tentu membantu Aparat keamanan dalam menjalankan tugasnya. Melalui pembekalan ini, kita harapkan tingkat kedisiplinan dan kesiapan Linmas semakin meningkat sehingga siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi di wilayah desanya,” Kata Babinsa.

Setelah mengikuti berbagi pembekalan yang diberikan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas, diakhir kegiatan juga dilakukan penyerahan perlengkapan pakaian Linmas sebanyak 32 stel dari Kepala Desa kepada seluruh anggota Linmas. (MJ/50)