SPBU Prigi Banjarnegara Resmi Beroperasi

SPBU Prigi Banjarnegara Resmi Beroperasi

BANJARNEGARA, mediajateng.net – Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, meresmikan pembukaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) baru di Jalan Raya Prigi Kecamatan Sigaluh, Jumat (26/3/2021). Peresmian SPBU Pertamina 44.534.14 itu ditandai dengan penandatanganan prasasti dan peletakan penglepasan balon oleh bupati. Budhi Sarwono juga berkesempatan mengisi langsung mobil dinasnya, R 1 D, dengan bahan bakar minyak (BBM) dari selang dispenser.

Bupati pada sambutannya mengucapkan selamat kepada SPBU yang dikelola oleh PKPRI Kabupaten Banjarnegara itu. Menurutnya, lokasi Pombensi tersebut sangat strategis karena terletak di jalur utama Banjarnegara-Wonosobo. Bupati juga bangga, karena koperasi bisa menangkap peluang usaha yang potensial tersebut.

“Selamat semoga SPU ini berjalan lancar dan barokah. Dengan adanya Pombensin yang dekat ini, masyarakat semakin mudah mendapatkan bahan bakar. Apalagi lokasinya memang jauh dari SPBU lainnya, dan jika merunut dari arah barat, Pombensin ini ada di kiri jalan, sedang Pom lainnya lebih banyak di kanan jalan. Ini sangat bagus,” ujar bupati.

Lebih dari itu, Budhi Sarwono berharap keberadaan SPBU tersebut akan menghangatkan iklim perekonomian di sekitarnya, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Budhi mengimbau agar pengelola memanfaatkan SDM dan tenaga kerja lokal untuk mengurus usaha tersebut.

“Semoga SPBU ini nantinya bisa menopang perekonomian masyarakat yang berada di daerah Sigaluh dan sekitarnya. Dan jangan lupa, sebagai badan usaha sebisa mungkin bermitra dengan masyarakat sekitar, bantulah mereka yang membutuhkan,” harap bupati.

Ketua Panitia pembangunan SPBU Prigi, Anang Susilo, mengatakan, SPBU tersebut merupakan salah satu unit usaha milik PKPRI Banjarnegara bekerja sama dengan PT Sinar Mulia Asta Semarang. Pendirian SPBU Prigi, katanya, merupakan tindak lanjut dari imbauan Bupati Banjarnegara, agar koperasi mampu memanfaatkan peluang usaha dalam segala bidang.

“Pada tahun 2017 Bapak Bupati mendorong kami untuk mengembangkan usaha. Kami mencoba menangkap peluang tersebut. Setelah melalui musyawarah, diputuskanlah untuk mendirikan SPBU di Prigi ini,” kenangnya.

Untuk pendanaan mencapai sekitar Rp. 16,8 miliar yang disangga oleh 17 Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) yang tergabung dengan PKPRI Banjarnegara. Mereka membentuk konsorsium untuk berinvestasi dalam pembangunan SPBU.

“Pembangunan SPBU Prigi memakan waktu setahun lebih. Tepatnya tanggal 15 Januari 2020, batu pertama pondasi diletakkan oleh bupati Budhi Sarwono. Dan alhamdulillah hari ini SPBU telah resmi beroperasi,” imbuhnya.

SPBU Prigi dibangun di atas lahan seluas 7.824 meter persegi dengan 5 kanopi dispenser, dan fasilitas pendukung yakni : kantor, masjid, dan toilet. SPBU Prigi telah beroperasi sesuai target pengelola, yakni sebelum lebaran tahun 2021. (MJ/50)