Setahun Bekerja, DPRD Akan Terus Bersinergi Membangun Kota dan Kawal Aspirasi Rakyat

Semarang, mediajateng.net, – Memperingati satu tahun menjabat sebagai wakil rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang berkomitmen terus bersinergi dalam membangun Kota Semarang kearah yang lebih baik lagi.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Muhammad Afif, usai mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Jokowi dalam rangka HUT RI ke 75 di ruang paripurna DPRD Kota Semarang, Jumat (14/8/2020).

Menurutnya, sinergi ini penting dilakukan agar bisa saling mengenal dan bisa berjalan bersama. Tentunya, sesuai dengan fungsinya DPRD siap mengawal dan mengawasi serta terus memberikan solusi bagi setiap permasalahan yang muncul di masyarakat.

“Selama satu tahun kita bekerja, kita sudah melakukan sejumlah hal, diantaranya silaturrahim dengan forkompimda untuk saling mengenal dan membangun komunikasi dan kerjasama membangun Kota Semarang,”kata Afif.

Selain hal tersebut, Afif mengatakan, DPRD terus melakukan inventarisasi dengan masalah membahas, mengurai  dan memberikan solusi untuk kemudian menyelesaikannya bersama.

“Kami juga memberikan apresiasi kepada pemkot  yang telah memiliki program populis dan mengeluarkan kebijakan yang berpihak pada rakyat, namun kami juga mengingatkan dan mengkrititisi jika ada kebijakan yang kurang pas dan merugikan masyarakat,”jelas Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Dalam konteks pembangunan, Afif mengatakan jajaran DPRD Kota Semarang yang berjumlah 50 orang anggota ini terus bersama membangun persatuan dan kesatuan menolak intoleransi untuk menjaga kondusifitas kota Semarang.

Sebagai wakil rakyat, Afif mengatakan DPRD membuka luas saluran aspirasi dari berbagai elemen masyarakat untuk pembangunan Kota Semarang.

“Di setiap bulan, kecuali masa pandemi memiliki agenda turba, public hearing dengan tokoh agama, tokoh masyarat dan anggota masyarakat melalui organisasi atau majelis taklim, dan kita juga mendengar, menyerap aspirasi dan memperjuangkannya,” tambahnya.

Selain itu, imbuh dia, jajarannya juga terus melakukan silaturahmi, baik ke perorangan maupun tokoh di Kota Semarang.

“Selanjutnya, kita malakukan reses setiap empat bulan sekali acaranya temu orang-orang struktur partai, tokoh masyarakat untuk mendengar menerma aspirasi mereka dan memperjuangkannya,”ujarnya.

Dan yang terakhir tugas selanjutanya yang bakal dilakukan menurut Afif, DRPD akan terus merawat komunikasi dan hubungan dengan eksekutif yakni Pemerintah Kota semarang.

“Kedepan, kita menjaga dan merawat hubungan dan komunikasi dengan pemkot dengan baik, dan mengoptimalkan fungsi DPRD serta meningkatkan kinerja dan kontribusi kita dalam ikut membantu menyukseskan pembangunan kota Semarang dalam segala bidang,”pungkasnya. (ot/mj)