Perkuat Smart City Pemkot Semarang Pasang CCTV Analytics

Perkuat Smart City, Kota Semarang Luncurkan CCTV Analytics

Semarang, mediajateng, – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang terus mengembangkan program smart city. Setelah berbagai program dan inovasi dilakukan, kali ini Pemkot Semarang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) meluncurkan sistem analisa otomatis (CCTV Analytics).

Menurut Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, fungsi dari CCTV tersebut yakni untuk pengamanan kota dan juga bermanfaat untuk menghitung berbagai data yang nantinya ditampilkan di Semarang Satu Data. Data tersebut dapat menjadi perhitungan potensi pendapatan di Kota Semarang.

“Hari ini CCTV di Kota Semarang bukan hanya digunakan sebagai pemantauan wilayah, tetapi juga menganalisa kondisi lingkungan secara otomatis. Sistem ini dibuat agar Pemerintah Kota Semarang lebih mudah mendapatkan data yang akurat, secara otomatis” ujar Wali Kota Semarang usai penandatangan komitmen bersama dalam rangka mewujudkan integrasi dan konektivitas CCTV sebagai salah satu sumber analisis big data Kota Semarang, Rabu (13/8/2020).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Diskominfo Kota Semarang, Bambang Pramusinto mengatakan, saat ini baru 16 CCTV Analitics yang terpasang di kawasan Simpanglima dan Kota Lama. Setelah itu nantinya akan ditambah lagi di kawasan segitiga emas yakni Jalan Gajahmada, Pemuda, dan Pandanaran.

“CCTV kami upgrade fungsinya dengan analitik. Tidak hanya menampilkan video tapi sekarang ditingkatkan CCTV yang bisa memunculkan data,” katanya.

Bambang menguraikan, CCTV Analitics yang dipasang di kawasan Simpanglima dan Kota Lama ini memiliki lima fungsi antara lain menghitung wisatawan, parkir, lalu lintas, sampah, dan genangan air. Dari CCTV tersebut akan menampilkan data yang terintegrasi dalam Semarang Satu Data yang ada di Situation Room Balai Kota Semarang. (ot/mj)