Sembilan Jamaah Gagal Berangkat ke Tanah Suci

GROBOGAN, Mediajateng.net – Sebanyak 893 calon jamaah haji Grobogan diberangkatkan langsung oleh Bupati Grobogan, Sri Sumarni dari halaman pendopo Kabupaten Grobogan. Calon jamaah haji Grobogan yang diberangkatkan ada 3 kloter, masing masing kloter 73,74 dan 75. Namun terdapat pula jamaah yang gagal berangkat ke tanah suci.

Bupati Grobogan, Sri Sumarni, Selasa (7/8/2018) pagi melepas keberangkatan calon haji kloter 74. Suasana haru dan tangis para pengantar calon jamaah haji banyak yang tak tertahan lagi terutama saudara dan keluarga calon jamaah haji ketika melihat kerabat mereka yang sudah masuk ke dalam bus rombongan haji.
“Selamat jalan, semoga mendapat ridho dari Allah SWT dan menjadj haji yang mabrur. Amin,” kata Bupati Sri Sumarni.

Pemberangkatan calon jamaah haji asal Grobogan terbagi dalam 3 kloter. Yakni kloter 73 yang diberangkatkan pada Senin (6/8/2018) sore kemarin. Kemudian kloter 74 pada Selasa (7/8/2018) pagi dan kloter 75 diberangkatkan pada hari yang sama hanya berbeda waktu yakni di siang hari.

Dari catatan Kemenag Kanwil Grobogan, calon jamaah haji yang mendaftar berjumlah 900 calon jamaah haji. Namun, 9 calon jamaah haji diantaranya gagal berangkat. Total calon jamaah haji Grobogan yang diberangkatkan berjumlah 893 calon jamaah haji.

“Pada kloter 73, ada 2 calon jamaah haji yang gagal berangkat dikarenakan meninggal dunia. Begitu juga pada kloter 74. Ada 5 calon jamaah haji yang gagal berangkat, 3 calon jamaah haji meninggal dunia serta 2 lainnya gagal berangkat karena sakit. Sedangkan pada kloter 75, ada 2 calon jamaah haji yang gagal juga dikarenakan sakit,” kata plt Kepala Kemenag Kanwil Grobogan, Ali Ichwan.

Ia juga menambahkan, calon jamaah haji yang gagal karena meninggal tersebut nantinya bisa digantikan oleh keluarganya yang ingin menunaikan ibadah haji.

“Penggantian tersebut memang sudah ada ketentuan dari Kemenag tentang penggantian keluarga calon haji yang gagal berangkat karena meninggal. Namun, untuk yang sakit bisa berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun depan,” tambahnya.

Para calon jamaah haji Grobogan yang diberangkatkan tersebut sudah beberapa bulan sudah mempersiapkan diri baik mental maupun fisik. Selain itu, beberapa perlengkapan untuk melakukan ibadah hajipun sudah dipersiapkan mereka.
Sunaryo, calon jamaah haji Grobogan mengatakan dirinya sudah mempersiapkan segalanya untuk ibadah haji tahun ini.

“Saya sudah beberapa bulan ini mempersiapkan diri. Baik mental maupun fisik. Harapannya, semoga nanti saya dapat melaksanakan ibadah haji ini dengan lancar,” katanya.
(Ag-MJ)