Salah Gunakan Visa Kunjungan Dua Tenaga Kerja Asing Asal RRT Ditangkap

Wonosobo-mediajateng.net

Petugas gabubgan Tim Pengawasan Orang Asing ( Timpora ) kabupaten Magelang Kantor Imigrasi (Kanim) Wonosobo menangkap dua Tenaga Kerja Asing asal RRT di lokasi PT Kretya Alam Industri Dusun Daseman Lor, Desa Girirejo,Kec Tempuran Kabupaten Magelang pada Selasa (11/4). Dari indo petugas di lapangan perusahaan itu bergerak dalam bidang pengolahan sonokeling kualitas ekspor.

Dari keterangan Kepala Kantor Imigrasi Wonosobo Soeryo Tarto Kisdoyo menyebutkan kedua Tenaga Kerja Asing asak RRT ini bernama Zhou Jin Jin (34) dsn Gao Lichau (21). Keduanya bertempat tinggal di perumahan Tanjung Regency, Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Mereka masuk ke Indonesia dengan menggunakan visa kunjungan.

” Adanya laporan dari masyarakat tentang adanya aktifitas kerja kedua warga negara RRT di Perusahaan tersebut. Kita tangkap tangan karena terbukti bekerja tanpa prosedur yang telah ditetapkan. Visa maupun ijin tinggal keduanya adalah kunjungan,”Ungkap Tarto dalam siaran persnya Jum’at (14/4)

Lebih lanjut Tarto menambahkan untuk Zhou Jin Jin masuk terakhir ke Indonesia pada bulan November 2016 menggunakan visa kunjungan dan sudah empat kali melakukan perpanjangan. Sedang rekanya Gao Lichau masuk ke Indinesia pada bulan maret 2017 dengan menggunakan visa kunjungan namun melakukan aktifitas bekerja.

Keduanya melanggar pasal 116 jo pasal 71 UU No 6 tahun 2011 tentang keimigrasian dengan ancaman pidana penjara paling lama 3 bulan dan denda sebesar Rp.25 Juta atau pasal 122 ayat (a) UU No 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian ddngan ancaman pidsna paling lama 5 tahun atau denda Rp.500 juta. (MJ-303)