Ini Salahsatu Bukti Ketua RT Juga Penting

 

PURBALINGGA, Mediajateng.net – Tidak saja pemilihan Bupati, Gubernur atau pemilihan umum (Pemilu) saja yang penting sehingga perlu di;akukan penjagaan. Di Purbalingga, demi menjaga keamanan, jajaran tim gabungan Kepolisian dan Koramil juga ikut menjaga kegiatan pemilihan kepala wilayah setingkat rukun tetangga (RT).

Tidak saja melalui sosial media, namun penjagaan dilakukan secara ketat oleh Bhabinkamtibmas Polsek Purbalingga Aiptu Sugiyono dan Babinsa Koramil Sertu Agus dengan memantau dan mengamankan secara langsung pemilihan Ketua RT di Kelurahan Purbalingga Wetan, Kecamatan Purbalingga.

Memang pemilik hak suara tidak terlalu banyak, namun menjaga keamanan juga perlu dilakukan.

Pengamanan dan pemantauan dilaksanakan Bhabinkamtibmas dan Babinsa karena pemilihan ketua RT dilaksanakan langsung. Seperti halnya pemilu, warga hadir untuk memberikan suaranya secara langsung memilih calon ketua RT.

Ada lima calon ketua RT di wilayah RT 2 RW 6, Kelurahan Purbalingga Wetan. Lima calon tersebut yaitu  Supriyo Edi, Pujo Diono, Suwardi, Sukendro dan Suroso Mukti. Sedangkan jumlah pemilih ada 175 orang.

Kapolsek Purbalingga AKP Jaenul Arifin mengatakan pemilihan ketua RT secara langsung di Kelurahan Purbalingga Wetan, kita libatkan Bhabinkamtibmas melakukan pengamanan dan memantau jalannya kegiatan.

Dalam rilisnya, Rabu (7/3/18) disebutkan langkah pengamanan secara langsung dilakukan untuk menjamin kegiatan berjalan aman dan lancar.

“Dalam pelaksanaanya Bhabinkamtibmas juga dibantu Babinsa dari Koramil Purbalingga. Sehingga kegiatan pemilihan ketua RT dapat berjalan lancar dan aman hingga berakhirnya kegiatan,” kata kapolsek.

Sementara itu, Ketua Panitia Asep Nurwanto mengatakan pemilihan RT secara langsung diselenggarakan sebagai wujud demokrasi. Dimana warga memilih ketua RT secara langsung, umum, bebas dan rahasia serta jujur dan adil seperti pada pemilu.

Pemilihan ketua RT berakhir pada pukul 13.00 WIB dengan hasil suara terbanyak diperoleh Supriyo Edi dengan 65 suara. Sementara calon lain Pujo Diono memperoleh 19 suara, Suwardi 12 suara, Sukendro 6 suara, Suroso Mukti 53 suara. Untuk suara tidak sah hanya satu suara.

“Ucapan terima kasih kepada anggota kepolisian dan TNI yang turut hadir memantau dan mengawasi jalannya kegiatan. Sehingga kegiatan berjalan lancar hingga selesai,” ucapnya.(505-mj)

Comments are closed.