Puluhan TPS Demak Rawan

DEMAK, Mediajateng.net – Panwaslu Kabupaten Demak menemukan puluhan Tempat Pemungutan Suara (TPS) , masuk kategori rawan, pada Pilkada Jateng 2018 ini.

TPS rawan tersebut tersebar di lima kecamatan, yakni Mranggen, Karanganyar, Sayung, Bonang dan Wedung.

Di wilayah Kecamatan Mranggen ditemukan 5 TPS, Kecamatan Karanganyar 13 TPS, Kecamatan Bonang 9 TPS, Kecamatan Sayung 11 TPS dan Kecamatan Wedung 4 TPS.

Khoirul Saleh, Ketua Panwaslu Demak, mengatakan, berdasarkan hasil pemetaan wilayah, terindikasi ada 42 TPS yang rawan pada saat pemungutan suara tanggal 27 Juni 2018.

TPS rawan tersebut, karena masih ditemukannya DPT bermasalah dan wilayah geografis yang rawan bencana alam.

“Selain rawan bencana banjir rob dan DPT bermasalah, juga rawan politik uang,” kata Khoirul.

TPS rawan bencana rob terdapat di wilayah Kecamatan Sayung, Bonang dan Wedung.

Di Kecamatan Sayung, sebanyak 11 TPS, 9 TPS di Kecamatan Bonang dan 4 TPS di Kecamatan Wedung.

Adapun peta kerawanan di wilayah Kecamatan Mranggen, 2 TPS terdapat pemilih yang memenuhi syarat tapi tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Kemudian 2 TPS terdapat pemilih disabilitas, serta terdapat satu TPS rawan politik uang.

Sedangkan di wilayah Kecamatan Karanganyar, 7 TPS terdapat pemilih yang tidak memenuhi syarat tapi terdaftar dalam DPT serta 6 TPS terdapat jumlah pemilih Dafatar Pemilih Tambahan (DPTb) diatas 20 pemilih didalam satu TPS.

“Setelah adanya pemetaan ini, pengawasan lebih di tingkatkan lagi , baik di tingkat kecamatan, desa maupun di TPS. Patroli pengawasan di wilayahnya masing – masih oleh petugas pengawas, juga lebih diperketat. Selain itu, masyarakat juga harus ikut membantu melakukan pengawasan,”katanya.