Peringati Hari Jadi, PDAM Kota Semarang Luncurkan WhatsApp Blaster

Semarang, mediajateng.net, – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Kota Semarang merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-109, Senin (12/10/2020). Dalam acara tersebut, PDAM berkomitmen terus melakukan peningkatan pelayanan kepada para pelanggan.

Sebagai wujud komitmen, PDAM kali ini meluncurkan aplikasi sebagai inovasi baru yakni WhatsApp Blaster, meter digital dan layanan pembayaran pelanggan kerjasama dengan Bank Jateng.

“Jadi melalui WhatsApp Blaster ini pelanggan bisa dengan cepat menerima informasi yang berkaitan dengan layanan PDAM. Mungkin seperti promo, ataupun pemberitahuan lainnya misal kondisi aliran ataupun informasi perbaikan jaringan,” kata Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Moedal Kota Semarang Yudi Indardo, usai acara.

peningkatan pelayanan soal meter juga dilakukan. Yudi menjelaskan, saat ini pihaknya telah melakukan uji coba pemasangan meter digital di sejumlah wilayah.

Menurutnya, meter digital adalah sebuah alat untuk mempermudah baik dari PDAM ataupun pelanggan melakukan pengecekan maupun informasi terkait kondisi aliran. Selama ini, PDAM menggunakan meteran konvensional sehingga membutuhkan inovasi.

Inovasi ini menurutnya, perlu dilakukan mengingat kemudahan dalam pelayanan kepada pelanggan perlu ditingkatkan.

“Kita kerjasama dengan PT Telkom untuk meter digital ini. Dari meter digital akan ada beberapa manfaat, seperti pengecekan tagihan PDAM secara instan, informasi terkait kondisi aliran, dari kami PDAM juga dapat memonitor jaringan mana saja yang kritis dan secepatnya harus tertangani,” jelasnya.

Yudi mengungkapkan, sesuai rencana meter digital akan diuji coba di beberapa lokasi diantaranya Semarang bagian utara dan Semarang bagian Barat. Rencananya akan ditambah lagi ke wilayah lain untuk meningkatkan pelayanan.

“Pilot projek kita sediakan 10 ribu meter digital. Manfaat dari meter digital ini sangat banyak, bisa juga untuk menunjukan mana saja titik kriti layanan kami sehingga bisa langsung dilakukan perbaikan,” ungkapnya.

Untuk pelayanan pembayaran pelanggan, Yudi menambahkan, pihaknya menggandeng Bank Jateng sehingga sekarang ini para pelanggan mempunyai banyak pilihan untuk membayar tagihan PDAM.

“Jadi tujuan kami itu selalu memudahkan pelanggan. Layanan kita tingkatkan dari tahun ke tahun, itu yang terus kami lakukan,” pungkasnya. (ot/mj)