Penutupan TMMD Wangon Ditandai Serah Terima Hasil

Banyumas, mediajateng.net – Penutupan operasi Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap I tahun anggaran 2021, ditandai dengan penyerahan hasil TMMD dari Komandan Kodim 0701 Banyumas, Letkol Inf Candra selaku Dan Satgas TMMD Sengkuyung tahap I tahun 2021 kepada Bupati Banyumas Achmad Husein. Penyerahan hasil TMMD tersebut, dilakukan di Pendopo Sipanji Purwokerto, Rabu (31/03/2021).

Penyerahan Hasil TMMD ditandai dengan penandatanganan naskah serah terima hasil TMMD, juga ditandai dengan pemukulan kentongan sebagai tanda berakhirnya TMMD secara bergantian oleh Forkorpimda Kabupaten Banyumas dengan disaksikan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Banyumas beserta jajaran Kodim 0711/ Banyumas.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengaku senang dengan adanya kegiatan TMMD. Selain efisiensi biaya menurutnya kegiatan TMMD dapat mempererat hubungan kemanunggalan TNI dan masyarakat.

“Kami berharap TMMD dilakukan sesering mungkin, mengingat biaya untuk pembangunan cenderung lebih sedikit, ada keterlibatan masyarakat sehingga mereka ikut memiliki hasil pembangunan. Lebih murah karena non profit,” kata Bupati.

Dandim 0711/Banyumas Letkol inf. Candra menjelaskan TMMD yang dimulai pada hari Selasa, (02/3/2021) lalu berlangsung selama 30 hari, telah menyelesaikan sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang berada di Desa Wangon Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas.

“Untuk kegiatan fisik yang sudah dilakukan sudah 100 % H-5 dan dilakukan sudah dilakukan finishing. Pembangunan fifik berupa pembangunan jalan rabat beton sepajang 1.242 meter, lebar 2,5 meter, tinggi 0,15 meter, kemudian pembangunan talud panjang 350 meter, lebar 0.40 meter, tinggi 1,2 meter, pembangunan plat beton dengan empat titik, satu titik Panjang 4 meter, Lebar 2 meter, dan tinggi 1 meter, selain itu juga ada pembangunan RTLH (rumah tidak layak huni) 1 unit bekerja sama dengan Baznas Kabupaten Banyumas”, jelasnya.

Keterlibatan personil dalam kegiatan TMMD kali ini, terdiri dari TNI 40 orang, POLRI 10 orang, TIM Asistensi 5 orang, Panitia (Pemdes) 14 orang, dan masyarakat ada 60 orang.

Kepala Desa Wangon Supriyadi mengatakan TMMD berjalan bagus keterlibatan dan antusias masyarakat sangan tinggi mengingat TMMD tahun ini melintasi tiga desa yaitu Desa Wangon, Randegan dan Parungkamal. Warga tersebut membutuhkan moda transportasi sehingga masyarakat ikut membantu dan TMMD cepat selesai.

“Tingkat kemanfaatan hasil TMMD sangat tinggi karena dulu dari Randegan ke Wangon harus memutar, sekarang tidak memutar, danbagi warga Desa Parungkamal memudahkan jalur pertanian, mengingat daerah tersebut daerah pertanian memudahkan dalam mengerjakan sawah lebih mudah,” kataya.

Selain itu, menurut Kades Spriyadi, kawasan tersebut juga direncanakan kawasan industri sehingga memudahkan transportasi dan juga daerah tersebut memiliki pemandangan bagus, juga memungkinkan untuk tempat wisata.

Usai acara penyerahan penandatangan naskah penutupan Bupati Achmad Husein didampingi Dandim Banyumas dan anggota Forkorpimda Banyumas melihat foto hasil pelaksanaan TMMD tahun 2021. (MJ/50)