Penguatan Sekolah Penggerak, SMK Miftahul Huda Rawalo Gandeng Universitas Amikom

Purwokerto, mediajateng.net – SMK Miftahul Huda Rawalo sebagai SMK yang berbasis pesantren, tahun 2021 ini di percaya oleh Kemendiknas pusat untuk dikembangkan sebagai sekolah Penggerak. Sebuah program dari pemerintah pusat untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila.

Dalam mewujudkan misi SMK Miftahul Huda sebagai Sekolah Penggerak, dari semua komponen sekolah diadakan revisi dan intervensi yang mengarah ke perbaikan. Dari mulai kurikulum, guru, siswa hingga lingkungan belajar. Untuk mencapai misi tersebut, sekolah penggerak didampingi berbagai pihak yang kompeten dibidangnya agar bebar-benar bisa mewujudkan pendidikan yang mandiri dan pelajar berwawasan pancasila.

Kepala sekolah SMK Miftahul Huda, Muham. Ad, S. hi.,M.H, mengatakan, saat ini SMK Miftahul Huda yang sering juga disebut SMK KJ, melakukan banyak terobosan dengan menjalin kerjasama pendidikan baik dengan dunia usaha maupun dengan dunia akademik. Sebelumnya, SMK Miftahul Huda juga telah mendatangkan para profesor dari UGM untuk merevisi keberadaan SMK Miftahul Huda agar memiliki visi yang terarah, terukur dan terstruktur.

Dan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kurikulum dan ketercapaian kompetensi jurusan, pada hari senin, tanggal 4 Oktober 2021, SMK Miftahul Huda mengadakan MoU dengan Universitas Amikom. MoU ini meliputi pendampingan guru, pendampingan kurikulum hingga pendampingan produk.

Rektor Amikom, Prof. Dr. Berlilana,M.Kom.,M.Si, menyambut baik kerjasama antara dua lembaga pendidikan ini. Menurutnya, Universitas Amikom sangat konsern terhadap pengabdian masyarakat. Dan kerjasama pendampingan terhadap sekolah lanjutan merupakan bagian program pengabdian masyarakat sebagai perwujudan tri darma kampus. Ia berharap, kerjasama seperti ini akan semakin memberikan kontribusi dunia kampus pada masyarakat luas, termasuk lembaga pendidikan.

Pada penandatanganan MoU tersebut, dilangsungkan di Auditorium Universitas Amikom yang dihadiri oleh jajaran civitas akademika Amikom serta guru dan karyawan SMK Miftahul Huda. (MJ/50)