Rekatkan Hubungan Kelembagaan BPN Tegal Berolahraga Bersama BPN Banyumas

Purwokerto, mediajateng.net – Dalam rangka memperingati HUT ke 61 tahun Undang-Undang Pokok Agraria, sebagai bulan bakti Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) 2021, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Banyumas menggelar kegiatan bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tegal. Kegiatan yang dilakukan yaitu Gowes dan pertandingan persahabatan bulutangkis yang berlangsung Sabtu (9/10) di Gedung Serba Guna GOR Satria Purwokerto.

Menurut Kepala BPN Banyumas Supaat, kegiatan dilaksanakan dalam rangka, rangkaian bulan bhakti agraria atau sekarang disebut Hantaru, yang jatuh pada tanggal 24 September kegiatan akan dilaksanakan sampai dengan nanti tanggal 24 November 2021. Dengan melakukan Gowes dan pertandingan persahabatan bulutangkis, bertujuan untuk mempererat hubungan kelembagaan dan personal.

“Yaitu isinya kegiatan ini olaharaga dulu, tadi sudah gowes keliling kota, sudah kita laksanakan bersama dengan BPN Tegal dan BPN Banyumas, dalam rangka mempererat hubungan kelembagaan dan personal, juga dalam rangka penyegaran. Nah ini jam 8 sampai 12 nanti Bulutangkis, juga pertandingan persahabatan antara BPN Banyumas dan BPN Tegal dalam mengisi bulan bhakti agraria,” jelasnya.

Tidak hanya itu, selama peringatan bulan bhakti agraria yang berlangsung hingga 24 November nanti, terdapat banyak rangkaian kegiatan sosial lainnya, mulai dari bakti sosial, donor darah, hingga sosialisasi penyuluhan pertanahan dan sosialisasi Percepatanan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Kegiatan yang akan kita laksanakan, kegiatan olahraga, kemudian nanti akan ada kegiatan bakti sosial, baik itu nanti ke yayasan, ke panti asuhan, termasuk juga nanti Insya Allah ada kegiatan donor darah, dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya, terus ada juga kegiatan sosialisai penyuluhan tentang pertahanan, tentang PTSL, tentang yang lain-lain, yang berhubungan dengan pertanahan,” terangnya.

Peringatan bulan Bhakti Hantaru, baru digelar kembali pada tahun 2021 ini, setelah tahun 2020 tidak dilaksanakan karena adanya pandemi covid 19.

“Ini sebenarnya rutin, kemarin tahun 2020 tidak dilaksanakan karena kondisi covid, cuma ini sekarang sudah melandai sehingga kegiatan ini diijinkan untuk diadakan, baik itu untuk Provinsi ataupun Kabupaten Kota secara terbatas dengan protokol kesehatan ketat,” tambahnya.

Selain untuk memperkuat silaturahmi dengan BPN Kabupaten Tegal, adanya kegiatan itu, menurutnya, juga menjadi wadah untuk saling tukar informasi mengenai inovasi, sehingga dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Selain silaturahmi antar lembaga, juga bisa saling tukar informasi pengalaman dimasing-masing Kantor Pertanahan, mungkin ada inovasi-inovasi baru yang mungkin bisa saling ditularkan sehingga nanti akan membawa 2 institusi ini baik Kabupaten Banyumas maupun Kabupaten Tegal itu ada kemajuan, peningkatan, dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan pada masyarakat,” pungkasnya. (MJ/50)