Pelaku Pembuang Bayi Masih Berumur 17 Tahun

GROBOGAN, Mediajateng.net-Identitas dua pelaku pembuang bayi di dusun Dolog, desa Rejosari kecamatan Kradenan telah diketahui pascapenangkapan yang dilakukan petugas di rumah masing-masing pelaku.

Keduanya berinisial Er dan An yang sama-sama masih berusia 17 tahun. Mereka merupakan orang tua kandung dari bayi yang dibuangnya di teras depan rumah Sentot (50) pada Rabu (19/7/2018) malam lalu.

Kasat Reskrim Polres Grobogan AKP Maryoto mengatakan keduanya ditangkap Sabtu (21/7/2018) di rumah masing-masing yakni di desa Banjarsari kecamatan Kradenan dan desa Banjardowo kecamatan Kradenan.

“Kita amankan pelaku beserta barang bukti yaitu satu buah sarung warna merah dengan motif kotak-kotak, sobekan sarung warna hitam bergaris hijau kuning, ada bekas kotoran dan juga satu unit SPM Honda Vario plat K 4309 GJ yang dipergunakan pelaku untuk membuang bayi tersebut,” ungkap AKP Maryoto.

Kasus kedua pelaku ini ditangani unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) karena keduanya masih berada di bawah umur. Namun, keduanya dijerat dengan pasal 305 KUHP dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun 6 bulan.

“Barang siapa menaruhkan anak yang dibawah umur tujuh tahun di suatu tempat supaya dipungut orang lain atau dengan maksud akan terbebas dari pada pemeliharaan anak itu, meninggalkannya maka diancam penjara sebanyak-banyaknya 5 tahun 6 bulan. Keduanya masih berumur 17 tahun. Sehingga kasusnya dalam penanganan Unit PPA Polres Grobogan,” jelas AKP Maryoto.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, sesosok bayi mungil yang masih berusia dua jam itu dibuang oleh dua orang di teras depan rumah Sentot, di dusun Dolog, desa Rejosari, kecamatan Kradenan. Beruntung, kondisi bayi tersebut sehat setelah dinyatakan para medis Puskesmas Kradenan 1 usai pemeriksaan terhadap bayi mungil tersebut. (Ag-Mj)