Melalui TMMD, Gandeng BUMN Majukan Desa Wisata Tumanggal

PURBALINGGA, mediajateng.net – Sebagai bentuk kepedulian dalam peningkatan ekonomi masyarakat, Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Decky Zulhas, S.H M.Han selaku Dansatgas TMMD Reguler ke-110 Tahun 2021, mengajak salah satu BUMN yang ada di Purbalingga untuk turut mendukung pengembangan sektor wisata yang ada di Desa Tumanggal, Kecamatan Pengadegan, Kabupaten Purbalingga yaitu Agro Wisata Sariland tempat TMMD Reguler ke-110 Kodim 0702/Purbalingga digelar.

“Adanya program TMMD Reguler ke-110 ini, diharapkan segala potensi yang ada di Desa Tumanggal dan sekitarnya bisa dikembangkan baik sektor wisata maupun pertanian dengan kerjasama, salah satunya dengan BUMN yang ada di Purbalingga dalam mendukung kegiatan itu,” kata Letkol Inf Decky, (22/3/2021).

Menanggapi hal tersebut, Yoga Kepala PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Purbalingga mengungkapkan siap mendukung program TMMD.

Yoga menuturkan, untuk peningkatan pendapatan desa nantinya dapat kontinue dilaksanakan kerjasama, namun salah satunya dengan pengajuan blueprint atau gambaran pengembangan wisata terlebih dahulu agar dapat pelajari kolaborasi yang tepat dengan BRI.

“Segera disusun blueprint/gambaran pengembangan wisata yang ada dan diajukan agar dapat berkolaborasi dengan BRI,” ungkapnya.

Ia menambahkan, berencana akan dibantu stimulan dana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) salah satunya untuk mendukung pengembangan objek wisata dengan membuka wahana yang menarik yang bisa sajikan wisata yang berbeda dengan lainnya.

“Rencana program CSR ini merupakan bagian dari BRI peduli sebagai bentuk komitmen dalam menjalankan tanggung jawab sosial kepada lingkungan masyarakat,” ujarnya.

Di tempat yang sama Surati Kades Tumanggal mengatakan, desanya sudah mengantongi Surat Keputusan (SK) desa wisata yakni telah dibukanya Agrowisata Sariland yang salah satunya menyajikan wisata danau dengan berbagai wahana. Wahana yang sudah dikembangakan yakni memadukan potensi pertanian dan wisata air danau, pemancingan dan kolam renang.

“Kami ucapkan terima kasih atas dukungan Dansatgas dan BRI dengan peduli terhadap pengembangan perekonomian di desa kami. Selanjutnya kami siap susun blueprint untuk diajukan ke BRI agar dapat berkolaborasi,” ungkapnya senang.

Sementara itu, Dansatgas menyampaikan apresiasi kepada PT BRI atas kontribusi dalam memajukan berbagai program terkait TMMD Reguler ke-110 ini. (MJ/50)