Mbangun Deso Gowo Roso, Pemdes Jamus Gelar Sunatan Massal Gratis

Media Jateng, Demak – Awal Tahun 2023 Pemerintah Desa Jamus Kecamatan Mranggen membuat gebrakan dengan mengadakan kegiatan sosial sunatan massal.

Sunatan massal yang mengusung tema Mbangun Deso Gowo Roso tersebut diperuntukan bagi anak yatim dan kalum dhuafa. Sedikitnya ada 25 anak yang mengikuti sunat gratis tersebut.

Dalam kegiatan sunatan massal tersebut, Pemdes Jamus bekerjasama dengan Rumah Luka dan Sunat Modern Medika Semarang.

Masing-masing peserta mendapatkan bingkisan dari Pemdes jamus berupa peci,sarung,baju koko dan uang saku.

Menurut Ketua Panitia M Badrun, kegiatan sunatan massal ini terlaksana atas swadaya murni dari perangkat desa dan beberapa donator yang empati dan simpati atas terselenggaranya kegiatan sosial ini.

“Kegiatan ini murni swadaya dan tidak menggunakan anggaran desa sama sekali. Alhamdulillah, baru kali ini ada sunatan masal. Semoga ini bisa menjadi agenda rutin tahunan bagi Pemdes Jamus,” kata Badrun, Minggu (22/1/2023).

Muh Rifai Kepala Desa Jamus mengataka bahwa kegiatan ini sebagai bentuk membangun masyarakat tanpa kesenjangan sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan. Pembangunan harus didasari karena rasa (roso),bukan nafsu.

“Kalau pembangunan diawali dengan roso, Insya Allah dalam menjalankan program-program desa akan langsung menyentuh hati masyarakat. Apalagi sunat atau khitan bagi kaum muslimin hukumnya wajib dan bagisanata baik untuk Kesehatan,” tuturnya.

Muh Rifai berharap dengan dengan diadakannya sunatan masal bagi anak yatim dan duafa ini menjadi modal awal dalam menjalankan amanah dan sesuai dengan harapan masyarakat.

“Mohon pangestunya, kami dapat menjalankan amanah panjenengan semua. Mari kita sama-sama membangun Desa Jamus lebih baik lagi,” ujarnya. (MJ/60)