Maksimalkan Tumbuh Kembang Anak: Bunda PAUD Ikuti Peningkatan Kapasitas

Banyumas, mediajateng.net – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran strategis dalam mengembangkan sumber daya manusia dan menjadi wadah untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak.

Guna meningkatkan kualitas PAUD, Bunda PAUD Kabupaten Banyumas Ny. Erna Husein bersama Dinas Pendidikan setempat melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) penguatan kapasitas bunda PAUD kecamatan dan desa/kelurahan di Aula Hotel Java Heritage Purwokerto, Senin (15/11/2021).

Kegiatan diikuti Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa Se Kabupaten Banyumas

Bunda PAUD Kabupaten Banyumas Ny Erna Husein mengatakan bimtek dilaksanakan dengan tujuan menyelamatkan periode emas anak.

Saat periode emas, segala hal yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak berkembang secara pesat. Jika tidak diarahkan dengan benar, tidak akan berdampak signifikan pada proses perkembangan selanjutnya.

Keberadaan dan peran bunda PAUD sangatlah penting untuk menggerakkan setiap komponen dan sumber daya yang ada di wilayahnya.

“Bunda PAUD diharapkan dapat membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan di wilayahnya masing-masing yang memiliki potensi untuk mengembangkan layanan PAUD,” jelasnya.

Pihaknya berharap kegiatan bimtek dapat memberikan pengetahuan bagi bunda PAUD kecamatan dan desa/kelurahan bahwa anak usia dini tidak hanya diberikan satu bidang pendidikan.

Bunda PAUD juga perlu memberikan pelayanan mencakup kebutuhan yang berkaitan dengan kesehatan dan gizi, pola pengasuhan serta perlindungan bagi anak usia dini.

“Saya berharap bimbingan teknis juga penguatan pokja bunda PAUD dapat menjadi sarana untuk mengoptimalkan peran bunda PAUD dalam mewujudkan layanan PAUD yang berkualitas,” lanjutnya.

Sedangkan Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan ibu-ibu Bunda PAUD sampai Guru PAUD sangat berperan untuk membentuk generasi emas kedepan, generasi yang punya karakter genarasi yang punya wawasan generasi yang punya semangat tinggi dan generasi yang punya kebanggaan terhadap Indonesia.

“Bentuklah anak anak yang mempunyai percata diri dan anak amak yang luar biasa. Indonesia adalah luar biasa apabila diimpin dan dikelola oleh orang yang tidak luar boasa atau orang yang biasa-biasa saja, maka nanti akan dijajah lagi karena penjajajahan sepanjang hidup akan ada dengan bentuk yang berbeda,” pinta Bupati Husein

Untuk itu anak-anak harus pandai, harus cerdas, harus mau dan mampu mengunakan karunia kecerdasasan untuk membuat solusi solusi, terobosan, membuat jawaban-jawaban, pernyelasaian penyelesaian, bukan sebaliknya karena persaingan sudah sangat tinggi.

Agar mereka tidak menjadi generasi yang diam, generasi yang penakut, Jadikan Banyumas yang cemerlang. Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Bunda PAUD dan Guru PAUD yang sudah mengabdikan diri secara sukarela dan penuh keiklasan.

“Ucapan terima kasih, karena Ibu-ibu kerjanya banyak hasilnya sedikit. Dilandasi keiklasan, memang saat ini Pemkab Banyumas belum mampu memberi yang terbaik. Semoga kedepan akan semakin dipikirkan,” kata Bupati

Semantara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Irawati mengatakan, tumbuh kembang anak usia dini harus diprioritaskan sebagai investasi terbaik dalam siklus kehidupan manusia yang menjadi landasan sekaligus menentukan perkembangan anak selanjutnya.

Untuk itu, kita mesti memberikan dorongan kepada anak-anak guna meningkatkan rasa percaya dirinya.

“Itu harus dimulai sejak dini. Berikan motivasi yang positif agar kepercayaan diri anak terbentuk,” ucapnya.

Ia berharap para bunda PAUD memiliki kemampuan untuk menggunakan anggaran demi terwujudnya layanan PAUD yang berkualitas.

Sebab, peranan bunda PAUD sangat dibutuhkan dalam menggerakkan seluruh pihak melalui kepedulian dan pemberdayaan peran serta masyarakat dalam mendukung satuan PAUD untuk melakukan upaya penguatan pembelajaran yang berkualitas. (MJ/50)