Mahasiswa Teknik Sipil USM Raih Juara Lomba Jembatan Balsa

Mahasiswa Teknik Sipil USM Raih Juara Lomba Jembatan Balsa

Semarang, mediajateng.net, – Mahasiswa Universitas Semarang (USM) kembali meraih juara. Kali ini empat team mahasiswa dari Fakultas Teknik Sipil Universitas Semarang (USM) berhasil meraih juara dalam ajang lomba Jembatan Balsa Tingkat Nasional BABNACO (Balsa Bridge Nasional Competition 2021). Lomba tersebut diselenggarakan oleh HMTS UMP (Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Purwokerto) pada Selasa (23/3).

Perlombaaan ini tidak hanya dilihat dari segi estetika model jembatan kayu balsa saja namun diujikan kekuatannya untuk dapat menahan beban terbesar hingga 60 kg keatas, dengan efisiensi jembatan tertinggi. Empat tim  jembatan balsa teknik sipil USM dalam kompetisi BABNACO bersaing cukup sengit untuk mengalahkan 37 regu lainnya dari berbagai universitas seluruh Indonesia.

Empat tim mahasiswa teknik sipil USM yang dikirim untuk mengikuti lomba ajang jembatan tingkat nasional berhasil menyabet hampir seluruh juara yaitu tim RRQ Jaya yang terdiri dari M Ali Firdaus, Galang Mahardika P, Bima Fajar Santoso berhasil meraih juara 1 dapat menahan beban 66.31kg dengan efisiensi 2.22.

Sementara tim Sujama Jaya yang terdiri dari Nur Rangga Galih, M Sya’roni,  Abbas Abdurrahman meraih juara 2 dapat menahan beban 64.99 kg dengan efisiensi 2.21, tim Semar Jaya dengan anggota M Danang Fajri S, Indra Bagus K, M Fahul Hidayat juara 3 dapat menahan beban 62.99 kg dengan efisiensi 2.18, adapun tim Matesi Jaya dengan anggota Lintang Daru S, M Misbahul Nur M, Arbihamzah Aulia mendapat harapan 1 dapat menahan beban 55.99kg dengan efisiensi 1.93.

Dekan Fakultas Teknik USM Purwanto ST MT menyambut baik dan bangga atas prestasi yang diraih oleh mahasiswanya dan berharap prestasi ini bias memotivasi mahasiswa lain untuk senantiasa berprestasi walaupun masih kondisi pandemi.

“Kami bangga dan berterima kasih atas prestasi mahasiswa Teknik sipil USM yang telah mengahrumkan nam almamametr di kancah nasional, dan kami harapkan dengan prestasi ini bisa memotivasi mahasisswa lain untuk berprestasi walaupun masih kondisi pandemi” ungkap Purwanto.

Sementara dosen pendamping Talitha Zhafira ST MEng mengatakan bahwa persiapan lomba diajang bergengsi di kalangan mahasiswa teknik sipil dilakukan secara rutin oleh seluruh tim balsa teknik sipil USM.

“Mahasiswa yang tergabung dalam tim lomba begitu semangat. luar biasa kreatif dan inovatif, selalu mencoba dan berusaha bahkan  beberapa kali gagal di ajang perlombaan jembatan balsa sebelumnya, namun dari kekalahan itu mereka belajar untuk dapat menjadi pemenang disetiap ajang perlombaan berikutnya, ” ujar Talitha. (ot/mj)