Lakukan Pungli, Oknum Petugas Bea dan Cukai Ditangkap Bareskrim Polri

SEMARANG, Mediajateng.net – Oknum petugas Bea dan Cukai Semarang yang berinisial JH yang ditangkap Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri pada Kamis (10/11), hari ini menjalani pemeriksaan sementara di ruang Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim Polrestabes Semarang.

JH yang ditangkap di sebuah panti pijat Green di Jalan Mayjen Soetoyo (Kampung Kali) sekira pukul 19.00 wib diduga melakukan pungutan liar (Pungli) kepada pengusaha EMKL saat mengurus dokumen impor. JH merupakan Pejabat Fungsional Pemeriksa Dokumen (PFPD) pada kantor Bea Cukai pelabugan Tanjung Emas Semarang.

Terpisah Kepala Sub Seksi Pelayanan dan Informasi, Yendra Robi membenarkan bahwa ada oknum pegawainya yang ditangkap oleh Bareskrim Mabes Polri.

“Benar ada pegawai berinisial JH yang ditangkap,” kata juru bicara Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas Semarang Yendra Robi di Semarang, Jumat.

Ia menjelaskan yang bersangkutan memang bertugas untuk memeriksa dokumen yang berkaitan dengan masuk dan pengiriman barang.

Namun, Robi belum mengetahui terkait pengurusan dokumen yang mana JH ditangkap.

Ia menuturkan Kepala Kantor Pelayanan dan Pengawasan dan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas Semarang juga belum memeroleh informasi dari kepolisian tentang penangkapan itu.

“Belum ada pemberitahuan dari kepolisian, perkembangan hanya mengikuti pemberitaan media,” katanya.

Robi menutukan JH diketahui baru beberapa bulan bertugas di kantor Bea Cukai Tanjung Emas tersebut.

Bersama JH diamankan beberapa barang bukti, termasuk sejumlah uang dari hasil penggeledahan rumahnya di Graha Bukit Wahid Semarang. (MJ-303)

Comments are closed.